Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, dr Elisabeth Rassi
Balikpapan

Tahap Awal Pembangun Rumah Sakit Sayang Ibu Dimulai Pembangunan Struktur

  • Pembagunan rumah sakit sayang ibu merupakan bagian upaya Pemerintah Kota dalam melakukan pemerataan fasilitas kesehatan di setiap kecamatan.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Tahap pertama pembangunan rumah sakit sayang ibu di Jalan Letjen Suprapto, Gang Perikanan RT 16 Kelurahan Baru Ulu, Kecamatan Balikpapan Barat mulai dikerjakan tahun ini.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, dr Elisabeth Rassi mengatakan tahap pertama pembangunan rumah sakit sayang ibu yang akan dikerjakan pada tahun 2024 sesuai dengan jadwal adalah pembangunan struktur terlebih dahulu. "Tahun 2025 finishing," ucapnya pada Rabu 31 Juli 2024.

Elisabeth menyebutkan anggaran tahun 2024 yang disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, untuk pembangunan rumah sakit tipe c tahap pertama sebesar Rp 106 miliar. 

"Sisanya di tahun 2025 kurang lebih Rp 60-70 miliar dengan menggunakan APBD," ujarnya.

Sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) rumah sakit sayang ibu, yakni bangunan rumah sakit ini akan dibangun lima lantai dan satu basement. Dengan kapasitas 103 tempat tidur. 

BACA JUGA:

"DED sudah jadi. Kalau DED sudah jadi kita tinggal jalankan fisiknya, nggak bisa diubah-ubah lagi," jelas Elisabeth.

Ia berharap pengerjaan pembangunan rumah sakit sayang ibu berjalan dengan lancar, sehingga rumah sakit cepat terbangun dan bisa melayani masyarakat Kota Balikpapan, khususnya warga Kecamatan Balikpapan Barat.

Pembagunan rumah sakit sayang ibu merupakan bagian upaya Pemerintah Kota dalam melakukan pemerataan fasilitas kesehatan di setiap kecamatan. Rumah sakit sayang ibu ini sebelumnya adalah Rumah Bersalin Sayang Ibu yang mana statusnya dinaikkan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). ***