Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono
Politik

Tahun 2023, DPRD Balikpapan Sampaikan 2.400 Lebih Aspirasi Warga

  • BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan selama Tahun 2023 sudah menyampaikan aspirasi sebanyak 2.400 lebih, ar
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan selama Tahun 2023 sudah menyampaikan aspirasi sebanyak 2.400 lebih, artinya aspirasi untuk perbaikan di Kota Balikpapan. 

"Tinggal bagaimana pemerintah eksekutif melaksanakan eksekusi untuk aspirasi yang selama ini kita dengarkan melalui reses, dialog warga serta kunjungan lapangan. Itu kan aspirasi masyarakat dan tentunya itu akan dieksekusi pakai APBD," terang Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Budiono usai melaksanakan rapat paripurna ke 33 masa sidang III tahun 2023, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Balikpapan, pada hari Jumat 29 Desember 2023. 

Di tahun 2024, DPRD Balikpapan harus lebih fokus menangani visi misi Wali Kota yakni pendidikan, kesehatan, penanganan banjir. 

"Kita harus lebih fokus anggaran untuk itu, kita lihat tantangan ke depan tahun 2024 akan lebih banyak lagi karena ada Ibu kota," jelasnya.

Tentunya, penduduk akan bertambah dan seharusnya Infrastruktur harus ditambah, kalau belum bisa menambah harus bisa mencari jalur alternatif agar tidak ada kemacetan. 

"Kan kita liat ada kemacetan dimana-mana, ada banjir dimana-mana," katanya.

BACA JUGA:

Terkait proyek yang belum terselesaikan pada tahun 2023, DPRD sudah menyampaikan melalui rapat dengar pendapat dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

DPRD Balikpapan menyampaikan sikapnya dalam hal ini Komisi III terkait pembangunan, salah satunya pengerjaan multi years yakni pembangunan rumah sakit yang ditunda karena lahan belum selesai, pembangunan SMPN 26 dan perbaikan SMPN 24 yang waktunya sudah mau habis, tetapi belum selesai pengerjaan. Ditambah tahun 2024 ada pembangunan rumah sakit di Balikpapan Timur dan normalisasi DAS Ampal. 

"Sampai hari ini, Komisi III yang lebih spesifik mengetahui," ungkapnya.

Budiono mengatakan DPRD Balikpapan telah melaksanakan kegiatan sebanyak tiga kali masa sidang, menggelar rapat paripurna hingga hari ini sebanyak 33 kali. Termasuk, beberapa Peraturan Daerah (Perda) yang telah disahkan DPRD Balikpapan.

"Ke depan kita akan bekerja lebih baik lagi. Fungsi legislasi, fungsi pengawasan dan fungsi penganggaran sudah dijalankan DPRD Kota Balikpapan. Kita melakukan beberapa pengawasan baik sidak dan segala macamnya, termasuk proyek yang ada di Balikpapan di akhir tahun yang belum selesai ini. Kita sudah memberikan pendapat baik komisi I, II, III dan IV yang ada dimitranya," ucapnya kepada media.

Untuk Sekretariat DPRD, Budiono mengatakan kinerja dapat lebih ditingkatkan di dalam memfasilitasi kinerja DPRD, karena tugas ditahun 2024 banyak. Meskipun, Tahun 2024 merupakan tahun politik, tetapi kinerja DPRD Balikpapan terus ditingkatkan untuk Balikpapan yang lebih baik lagi. 

"Tadi aja target Raperda Tahun 2024 juga banyak sekali," tutupnya. (***)