Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Drs Elvin Djunaidi, M.Si saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Program Kerja Pengawasan Kearsipan Tahunan (PKPKT) Tahun 2025 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, pada hari Kamis (1/2/2024).
Daerah

Tahun 2023, Hasil Pengawasan Kinerja Kearsipan di Kota Balikpapan Membaik

  • BALIKPAPAN - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan terus melakukan pengawasan kinerja kearsipan di Kota Balikpapan."Pada tahu
Daerah
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan terus melakukan pengawasan kinerja kearsipan di Kota Balikpapan.

"Pada tahun 2022 hasil nilai pengawasan kita sangat kurang dan pada tahun 2023 telah kami lakukan perbaikan. Alhamdulillah akhir tahun tadi sudah menjadi baik," jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Drs Elvin Djunaidi, M.Si saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Program Kerja Pengawasan Kearsipan Tahunan (PKPKT) Tahun 2025 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, pada hari Kamis 1 Februari 2024.

Elvin menyampaikan bahwa pengawasan kearsipan menjadi barometer dalam penilaian indeks kinerja penyelengaraan kearsipan, laporan penyelengaraan pemerintahan daerah dan evaluasi penyelengaraan pemerintahan daerah. 

Untuk itu, Elvin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kearsipan atas pencapaian ini, yang tadinya sangat kurang jadi melonjak langsung baik. 

"Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih memuaskan terutama pengawasan kearsipan, karena nilai pengawasan adalah 60 persen dari nilai pengawasan kearsipan eksternal. Kami harus mendapatkan dukungan dari teman OPD untuk mengelola arsip," jelasnya.

Tahun 2023 sudah ada 35 OPD yang telah dilakukan pengawasan kearsipan. Namun, Tahun 2024 akan menjadi 36 OPD.

BACA JUGA:

"Alhamdulilah beberapa OPD telah bekerja sama dengan pihak ketiga, untuk menata asetnya. Sangat luar biasa karena adanya kesadaran dari OPD betapa pentingnya arsip, sehingga menganggarkan untuk penataan arsip tersebut," terangnya.

Apalagi arsip bertahun-tahun dikerjakan sendiri maka kurang efektif karena kesibukan dari teman-teman. 

"Ini sangat baik. Mohon kepada teman-teman yang belum menganggarkan dapat dianggarkan untuk kedepannya sehingga kami lebih mudah," ucapnya.

Tahun ini, pihaknya sudah mengirimkan petugas ke OPD untuk membimbing langsung untuk mengatasi kesulitan mengenai kearsipan, sehingga dapat berkomunikasi langsung. 

"Ini untuk bagaimana bisa meningkatkan kinerja kearsipan kita kedepannya," ujarnya.

Ia pun menyampaikan bahwa selama ini di Balikpapan belum pernah dilakukan pemusnahan arsip. "Alhamdulillah tahun kemarin kita sudah melakukan kepada dua OPD dan tahun ini akan lebih banyak," ungkapnya.

Sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun ke 127 Kota Balikpapan, yakni Balikpapan Kondusif, Sinergi dan Berkelanjutan. 

Ia berharap spirit itu memberikan kekuatan untuk melaksanakan dan mendukung kegiatan pengawasan kearsipan internal, dalam upaya membangun dan memajukan kearsipan Kota Balikpapan, sebagai perwujudan meningkatkan kualitas pelayanan untuk negara dan masyarakat agar dapat terlaksana dengan lancar. (*)