Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan Irfan Taufik
Kabar Ibu Kota

Tahun 2024, Disdikbud Balikpapan Gunakan Platform Pembelajaran

  • BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, mencanangkan pendidikan di Kota Balikpapan dengan sentuhan informasi, tekno
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, mencanangkan pendidikan di Kota Balikpapan dengan sentuhan informasi, teknologi dan komunikasi.

"Tahun 2024, kita akan memanfaatkan platform  pembelajaran diantaranya adalah sekolah rujukan  geoogle, sekolah pintar. Saat ini, kita konsen untuk pengadaan sarana dan prasarana, laptopnya, bahan pembelajarannya," jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Irfan Taufik kepada media, usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional, di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) atau DOME, pada hari Senin 27 November 2023. 

Irfan menjelaskan program ini akan menyasar kepada peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ia menerangkan banyak pemanfaatan platform pembelajaran yang dilakukan secara gratis. 

BACA JUGA:

"Kita sudah melakukan beberapa pelatihan terkait pemanfaatan platform itu. Saat ini sedang melakukan pelatihan dan tahun depan akan kami implementasikan," ucapnya.

Platform pembelajaran sebenarnya sudah dilaksanakan sejak adanya Pandemi Covid 19, yang mana peserta didik tidak melakukan pembelajaran di sekolah, melainkan di rumah dengan menggunakan salah satu platform.

Sebagai informasi, salah satu platform pembelajaran dengan menggunakan google, dimana salah satu fiturnya adalah classroom. Guru bisa membuat "kelas" yang diikuti oleh siswa-siswanya, guru bisa melakukan percakapan tertulis, memberikan tugas, memberikan penilaian bahkan streaming video dalam fitur tersebut. (*)