Adward Skenda Putra
Kabar Ibu Kota

Tahun 2024, Dishub Tambah Satu KTL di Kota Balikpapan

  • BALIKPAPAN - Titik Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di Kota Balkkpapan, akan ditambah Dinas Perhubungan (Dishub), sebagai upaya untuk
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Titik Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di Kota Balkkpapan, akan ditambah Dinas Perhubungan (Dishub), sebagai upaya untuk meningkatkan ketertiban di Kota Balikpapan.

"Ada beberapa kawasan yang tadinya tidak Kawasan KTL akan dijadikan Kawasan KTL. Tahun depan akan kita tetapkan Jalan Tjutcup Suparna Balikpapan Baru," jelasnya Kepala Dishub Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra kepada awak media pada Ahad, 12 November 2023.

Saat ini ada dua titik yang sudah masuk sebagai KTL yakni Jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan Selatan dan Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota. 

"Tahun depan kita akan tetapkan Jalan Tjutcup Suparna sebagai kawasan KTL, mumpung disana sudah tertib," ungkapnya.

Setelah ditetapkan menjadi KTL, maka para pengendara harus tertib lalu lintas salah satunya tidak boleh parkir dibahu jalan.

Waktu penerapan KTL akan dimulai pukul 06.00-09.00 wita, kemudian pukul 16.00-18.00 wita. Dishub Balikpapan akan menerapkan fungsi KTL dengan rutin melakukan pengawasan yang mulai pukul 06.45-09.00 wita.

BACA JUGA:

Kawasan KTL di Jalan Tjutcup Suparna ini, nantinya dimulai dari Simpang Lampu Merah Balikpapan Baru sampai dengan Simpangan Sungai Ampal, Balikpapan Tengah.

Untuk di Jalan Ruhui Rahayu mulai dari simpang lampu merah Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, hingga di simpang lampu merah Balikpapan Baru.

Sementara untuk di Jalan Jendral Sudirman, mulai dari simpangan Lampu Merah Balikpapan Trade center (BTC) atau Plaza Balikpapan, hingga simpang lampu merah Kantor Imigrasi Balikpapan.

"Jalan Jenderal Sudirman ini penertibannya kan sudah disahkan tapi pengawasan kita kerja sama dengan mitra kita. Kalau kita tidak bisa menilang yang bisa menilang itu polisi. Tahun depan tindakan pidananya lebih dikencengin sama branding publikasi akan kita dorong lebih banyak lagi,' paparnya.

Mengingat Kota Balikpapan sudah banyak berdatangan dari luar daerah yang tingkat disiplinya rendah. 

"Alhamdulillah kalau kita sendiri tingkat disiplin agak sedikit baik, kalau orang luar ini susah. Ini yang mau kita dorong," katanya. (*)