Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud
Kabar Ibu Kota

Tahun 2024, Pemkot Balikpapan Kaji Air Laut Jadi Air Baku

  • BALIKPAPAN - Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mempunyai program kerja
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mempunyai program kerja untuk melakukan kajian penyulingan air laut dari Muara Manggar ke Waduk Manggar. Penyulingan air yang dilakukan teknologi dengan berkolaborasi dengan Perusahaan Jepang, untuk memenuhi air baku bagi warga Kota Balikpapan.

"Kita sedang kaji supaya kita tidak ketergantungan lagi terhadap tadah air hujan. Ini inovasi ini akan dikerjakan," jelas Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud, di Balai Kota pada hari Jumat 29 Desember 2023.

Rahmad mengatakan ini menjadi tugas dan tantangan bagi Pemkot untuk bekerja keras memenuhi kebutuhan air baku di Kota Balikpapan. Untuk nilai investasi program kerja Pemkot masih belum ditetapkan, karena masih melihat dari kebutuhan debit air yang dibutuhkan. 

Walaupun memang diketahui kekurangan air di Kota Balikpapan sekitar 200-500 per detik. "Ini dalam proses," ungkapnya. 

BACA JUGA:

Meskipun demikian, kebutuhan air akan terus bertambah, dikarena jumlah penduduk di Kota Balikpapan juga bertambah. Mengingat, Kota Balikpapan sebagai Kota Peyangga Ibu Kota Negara (IKN), sehingga banyak para pendatang maupun pengunjung datang ke Kota Balikpapan. 

"Dengan pengaruh IKN pertambahan penduduk akan semakin meningkat di Kota Balikpapan dan penggunaan air pasti akan meningkat juga," ucapnya. 

Seperti halnya, ketika Kota Balikpapan memasuki musim El Nino beberapa bulan lalu, sehingga debit air waduk mulai menurun. Dengan memanfaatkan air laut untuk bisa dijadikan air baku, maka kebutuhan air baku warga Kota Balikpapan dapat terpenuhi. "Potensi itu ada," katanya. (***)