Tahun Ini DLH Balikpapan Tambah Pekerja Pembersih Sampah di Pesisir
Balikpapan

Tahun Ini DLH Balikpapan Tambah Pekerja Pembersih Sampah di Pesisir

  • BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan akan menambah pekerja untuk members
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan akan menambah pekerja untuk membersihkan sampah di sepanjang pantai di Kota Balikpapan.

Saat ini, DLH Balikpapan sudah memiliki 60 pekerja yang bertugas membersihkan sampah di daerah pesisir di 10 kelurahan di Kota Balikpapan. Dimana kelurahan ini mempunyai daerah pesisir seperti kelurahan Sepinggan, kelurahan Klandasan Ilir, Klandasan Ulu termasuk kelurahan kampung baru.

Wali Kota Balikpapan H.Rahmad Mas'ud membenarkan hal tersebut. Ya memang, tahun ini akan dibentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) untuk membersihkan daerah pesisir. 

Hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjaga kebersihan Kota Balikpapan. "Kami membutuhkan sekitar 40 orang. Kami akan berikan perahu, untuk membersihkan daerah sekitar pesisir kita," ucapnya pada Ahad 23 Maret 2024.

Tentunya para pekerja nanti akan mendapatkan gaji sesuai Upah Minimum Kota (UMK) Balikpapan. 

Di tempat terpisah, Kepala DLH Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan bahwa tahun ini akan menambah 20 pekerja, sesuai dengan anggaran yang tersedia tahun ini.

BACA JUGA:

Hanya saja, para pekerja ini tidak bekerja sebagai naban kantor dlh tetapi secara pihak ketiga atau outsourcing.

"Jadi nanti DLH dengan perusahaan. Kami bayar ke perusahaan nanti perusahaan yang bayar ke mereka. Kami saat ini lagi berproses, mungkin abis lebaran," ungkapnya.

Pekerja ini setiap harinya akan bekerja membersihkan sampah pesisir, yang setiap harinya rata-rata sembilan ton sampah yang harus dibersihkan.

Adapun tugas 20 pekerja ini berbeda dengan pekerja DLH yang sudah bekerja bertahun-tahun yang mana pekerja sebelumnya, membersihkan sampah yang dari laut begitu masuk ke pantai kemudian dibersihkan. 

"Khusus yang 20 orang ini membersihkan sampah yang ada di air untuk di ambil. Kami juga pasang alat agar sampah di pesisir terkumpul di ring yang sudah terpasang," jelasnya. (*)