Yudi Saharuddin
Kabar Ibu Kota

Tambah Kapasitas Air Baku, PTMB Akan Optimalkan Sumur

  • BALIKPAPAN - Usai dilantik menjadi Direktur Umum Perusahaan Umum Daerah Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB), Yudi Saharuddin akan meng
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Usai dilantik menjadi Direktur Umum Perusahaan Umum Daerah Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB), Yudi Saharuddin akan mengoptimalkan sumur-sumur yang sekarang ada, untuk menjadi salah satu cara menambah ketersediaan air baku di Kota Balikpapan.

"Sumur-sumur saat ini kapasitasnya hanya bisa produksi 10 liter/detik. Mungkin kita optimalkan gimana caranya supaya kapasitas produksi meningkat. Kalau ini meningkat artinya bisa lebih luas lagi jangkauannya," jelasnya kepada media pada Jumat 5 Januari 2024.

Yudi menyebutkan sumur-sumur yang ada sebanyak 20 sumur, walaupun sumur tersebut tidak semua aktif. "Ada beberapa aktif tapi kapasitas produksi kecil. Itu yang kami optimalkan. Saya tidak mau menambah tapi saya mau optimalkan sumur yang ada, sehingga produksi meningkat lebih tinggi," terangnya.

BACA JUGA:

Ketersediaan sumber air baku di Kota Balikpapan menjadi permasalahan di PTMB. Untuk itu, dirinya akan mengupayakan dapat menyelesaikan permasalahan ini. Termasuk, penambahan sambungan layanan baru.

"Itu adalah dua masalah besar yang dihadapi PTMB. Target kita  untuk bisa membenahi. Itu harus segera diperbaiki. Mudah-mudahan kita bisa mengidentifikasi permasalahan terbesar dimana, air baku atau sambungan baru," terangnya.

Ia juga akan membahas lebih lanjut terkait wacana Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan penyulingan air laut untuk dijadikan air baku pada waduk Manggar. "Beliau menyampaikan hal itu kepada saya. Insyaallah kita akan segera kerjakan. Tentu saya akan mulai cek dulu," katanya. (*)