Program pembibitan yang menggabungkan empat komoditi perikanan dalam satu tambak ini diharapkan menjadi percontohan bagi pelaku usaha perikanan di wilayah Kaltim.
Ekbis

Tambak di Labangka Mampu Gabungkan 4 Komoditi Perikanan

  • Janji bangunkan jalan sepanjang 1,5 kilometer untuk dukung program perikanan Desa Labangka.
Ekbis
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mengapresiasi program pembibitan perikanan yang dikembangkan di Desa Labangka, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Program yang menggabungkan empat komoditi perikanan dalam satu tambak ini diharapkan menjadi percontohan bagi pelaku usaha perikanan di wilayah Kaltim.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, mengapresiasi keberhasilan Desa Labangka dalam melaksanakan program inovatif tersebut. 

“Alhamdulillah, Desa Labangka bisa menjadi contoh pembibitan perikanan dengan sistem empat komoditi di satu tambak,” ungkap Akmal Malik usai melepas bibit perikanan pada kunjungannya, Kamis (15/8/2024).

BACA JUGA: 

Empat komoditi yang dikembangkan di tambak Desa Labangka adalah udang, kepiting, rumput laut, dan ikan bandeng. 

Meskipun area pembibitannya tidak terlalu besar, Akmal berharap produktivitasnya tetap tinggi sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat sekitar.

Untuk mendukung keberhasilan program ini, Pemprov Kaltim berjanji akan membantu pembangunan akses jalan menuju area pembibitan. 

Jalan sepanjang 1,5 kilometer akan dibangun untuk mempermudah aktivitas masyarakat dan memperlancar distribusi hasil perikanan. 

BACA JUGA:

"Pemprov akan bantu membangunkan jalan menuju pembibitan, agar masyarakat lebih mudah beraktivitas," jelas Akmal.

Ia menambahkan, program pembibitan ini juga diharapkan dapat memperkuat pasokan perikanan ke kota-kota besar seperti Balikpapan dan Samarinda, serta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Dengan ratusan ribu penduduk yang akan hadir di IKN, kebutuhan protein hewani menjadi prioritas yang harus dipenuhi. 

“Yang jelas, mereka butuh makan, pangan. Jadi, kita siapkan,” tutup Akmal dalam keterangan resmi. ***