Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud
Kabar Ibu Kota

Tanggapi Kecelakaan ASN Gunakan Mobil Dinas, Wali Kota Balikpapan Akan Lakukan Pengadaan Terkait Kelayakan Kendaraan

  • IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menanggapi kecelakaan yang melibatkan mobil plat merah di Kilometer 30 Tol Balikpap
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menanggapi kecelakaan yang melibatkan mobil plat merah di Kilometer 30 Tol Balikpapan-Samarinda (BalSam) pada Sabtu (22/4/2023) lalu. Pada insiden yang diakibatkan oleh patah per hingga menabrak pembatas jalan ini, tidak terdapat korban jiwa. Diketahui, dua penumpang mengalami luka pada bagian kepala.

Namun demikian, Rahmad menyebut, hal ini tidak perlu dipermasalahkan. Apalagi, kaitannya pada keperluan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mudik yang tidak dilakukan setiap harinya dan masih dalam jangkauan yang tak begitu jauh.

"Kalau masih dalam provinsi saya kira tidak masalah, Samarinda-Balikpapan. Ini kan konteksnya bukan untuk kepentingan pribadi yang dipakai setiap harinya," ucap Rahmad pada Rabu (26/4/2023).

"Tetapi, ada hari tertentu dia (ASN) ingin mudik ya diwajarkan saja. Memang, (kondisi) kendaraan dinas ini, begitu saya cek umurnya mungkin sudah lebih tua daripada kita," tambahnya.

BACA JUGA:

Ia pun meminta jajarannya untuk melakukan peninjauan ulang secara keseluruhan terhadap kondisi mobil dinas ASN yang sudah tidak layak pakai.

"Kalau sudah tidak layak ya kita ganti saja semua. Kita harus kasih fasilitas kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mulai dari Camat dan Lurah," katanya.

Hal ini ditujukan agar jajaran ASN bisa bekerja lebih maksimal dan bersemangat. Pengadaan kendaraan dinas diusulkannya, mengingat juga kondisi kendaraan dinas yang telah mencapai 15 tahun dan sudah tidak layak digunakan pada kejadian kecelakaan yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Sudah 15 tahun kan sudah tidak layak. Kita harus ganti lah. Yang penting uang kita cukup ya ganti saja. Untuk mekanisme sewa atau beli nanti akan dibahas lebih lanjut," tutupnya. ###