Haemusri Umar
Kabar Ibu Kota

Target Revitalisasi Pasar Klandasan Capai 70 Persen

  • BALIKPAPAN - Pengerjaan Revitalisasi Pasar Tradisional Klandasan yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Klandasan Ulu sudah m
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pengerjaan Revitalisasi Pasar Tradisional Klandasan yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Klandasan Ulu sudah memasuki progres 70 persen.

Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan, Haemusri Umar kepada awak media baru-baru ini. "Progres ini agak lambat," jelasnya.

Pembangunan Blok A dan Blok B Pasar Klandasan target pengerjaan hingga tanggal 22 Desember 2023. "Pondasi sudah naik, sudah tertutup rapi tinggal finishing didalamnya aja," ungkapnya.

Anggaran untuk revitalisasi Pasar Klandasan Blok A yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan tahun 2023, sebesar Rp3,8 miliar.

Sedangkan Pasar Klandasan Blok B sebesar Rp8,6 miliar, berasal dari bantuan keuangan (Bankeu) dari Provinsi Kalimantan Timur. 

Sebenarnya pelaksanaan pengerjaannya sejak tahun 2022, hanya saat itu terdapat permasalahan yang mengakibatkan proyek ini tidak berjalan, sehingga anggaran dikembalikan kepada Kas Daerah. "Permasalahannya ada dua, dari aspek pedagangnya dan konstruksinya," ucapnya.

Dinas Perdagangan sudah memanggil pihak kontraktor hanya saja tidak pernah datang, sehingga pembongkaran dilakukan sendiri oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan. 

BACA JUGA:

"Kita bongkar sendiri. Jangan menghalangi pemerintah untuk membangun. Prosesnya sudah kita lakukan," ungkapnya.

Bangunan pasar Klandasan dengan satu lantai ini sudah dirapatkan bersama para pedagang dengan menyepakati ukuran kios berukuran 0,36 dari sebelumnya dari 2x2 meter. "Sepakato satu lantai tapi dikurangi 0,36," imbuhnya.

Pasar Klandasan Blok A merupakan pasar basah yang menjadi pusat penjualan ikan dan produk lainnya. Sedangkan Blok B sebagai pasar kering yang menjual sayuran dan lainnya.

Saat ini dibangun dengan menggabungkan pasar kering dan basah menjadi satu lokasi dengan area yang berbeda. Penggabungan akan memudahkan para warga yang ingin berbelanja, dikarenakan tidak ada lagi pembatas antara pasar kering dan basah. 

Pasar rakyat yang dikelola Pemerintah Kota Balikpapan memiliki 99 kios di Blok A dan 165 kios di Blok B. Setelah selesai revitalisasi Pasar Klandasan, para pedagang akan diundang untuk menempati kios-kios yang ada di pasar tersebut. (*)