Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Suwanto
Kabar Ibu Kota

Targetkan 80 Persen UMKM Beroperasi, DPRD Mulai Mendata

  • IBUKOTAKINI.COM – DPRD Kota Balikpapan menargetkan dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdata, 80 persennya bisa beroperasi dengan maksimal pasca p
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – DPRD Kota Balikpapan menargetkan dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdata, 80 persennya bisa beroperasi dengan maksimal pasca pandemi. Untuk mencapai target tersebut, Komisi II DPRD Balikpapan mulai melakukan pendataan UMKM. Sehingga dalam waktu dekat DPRD mengagendakan akan melakukan pertemuan dengan dinas terkait. 

"Saya ingin kalau ada kegiatan itu benar-benar produk UMKM yang dikelola oleh naungan Dinas Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Perdagangan, termasuk Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian. Jadi merekalah yang mengisi," jelas Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Suwanto, Kamis (16/6/2022).

Suwanto mengatakan, jika segera menyelesaikan data-data UMKM di Kota Balikpapan, sehingga saat berbicara mengenai UMKM sudah memiliki data yang nyata tidak hanya kira-kira.

"Data UMKM hanya masih belum clear. Bagaimana sih pergerakan UMKM di Kota Balikpapan, kalau UMKM satu bulan cuma produksi 5-10 kilogram masa bisa dikatakan UMKM," terangnya.

Ia pun menargetkan  80 persen UMKM ini di kota Balikpapan bisa berjalan, bukan sekedar jalan-jalan.

Untuk itu, Komisi II DPRD Balikpapan  berencana akan melakukan pertemuan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tinjauan UMKM di Kota Balikpapan.