Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan melengkapi fasilitas yang ada di Pantai Manggar. Hal ini untuk menarik perhatian wisatawan.
Kabar Ibu Kota

Tarik Wisatawan, Disporapar Akan Tambah Fasilitas Pantai Manggar

  • BALIKPAPAN - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan melengkapi fasilitas yang ada di Pantai Manggar. Hal
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan melengkapi fasilitas yang ada di Pantai Manggar. Hal ini untuk menarik perhatian wisatawan. 

"Kita melengkapi dengan wisma, beberapa atraksi yang ada di Pantai Manggar. Kita sudah ada pengelolaan parkir, ada parkir 1, 2 dan 3, sehingga tidak crowded seperti tahun lalu," jelas Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Ratih Kusuma kepada media pada Senin 8 Januari 2024.

Ratih menginginkan tahun 2024 ini, Pantai Manggar bisa buka sampai 24 jam. Saat ini, Pantai Manggar buka hingga sore hari saja. Namun, kembali lagi kaitannya dengan Sumber Daya Manusia (SDM), atraksi dan sarana yang ada disana.

"Saya ingin ada wisata edukasi. Kami bisa memperdayakan masyarakat yang ada disana, misal meraka ada lahan disana bisa untuk bertanam, hasil panen bisa jadi wisata edukasi," terangnya.

Selain itu, atraksi yang ada di Pantai Manggar akan ditambah, karena saat ini atraksi yang ada jetski dan banana boats. "Kita mau ada ruang kreatif, setiap Minggu ada pagelaran, pementasan. Kan bisa saja ada atraksi berkuda dan juga fasilitas joging track disana. Kan sport tourism. Jadi menarik kunjungan wisata," ucapnya.

BACA JUGA:

Dengan adanya operasional wisma, maka jam operasional bisa dibuka 24 jam, seperti layaknya hotel. "Kan tamu bisa saja keluar malam, mau nggak mau kita harus buka. Kita masih penataan yang ada disitu," ujarnya.

Ratih menyebutkan wisma yang ada di Pantai Manggar berjumlah lima unit sedangkan mahligai sekitar 20 unit. 

"Wisma ada yang kita kelola, kalau villa, ada pihak luar yang bekerjasama, ibaratnya kita menggandeng untuk bersama-sama mempromosikan Pantai Manggar, karena memang permintaan tinggi," ungkapnya. (*)