Menekan angka kasus penderita kanker di Kota Balikpapan. Dinas Kesehatan Kota bersama PKK dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Balikpapan menandatangani MoU kerja sama pada Sabtu, (3/9/2022).
Kabar Ibu Kota

Tekan Angka Kasus Kanker, YKI Bersama DKK dan PKK MoU Kerja sama

  • IBUKOTAKINI.COM – Menekan angka kasus penderita kanker di Kota Balikpapan. Dinas Kesehatan Kota bersama PKK dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Balikp
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Menekan angka kasus penderita kanker di Kota Balikpapan. Dinas Kesehatan Kota bersama PKK dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Balikpapan menandatangani MoU kerja sama pada Sabtu, (3/9/2022). Penadatanganan MoU dirangkai dengan kegiatan Talkshow Percepat Penurunan Stunting yang diselenggarakan Pemerintah Kota Balikpapan.

Penandatanganan ditandatangani langsung oleh Ketua YKI Balikpapan, Sri Soetantinah dan Kepala DKK, Andi Sri Juliarty dan Ketua TP PKK Balikpapan, Nurlena Mas’ud yang berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan. 

Mou kerja sama itu terkait deteksi dini pencegahan kanker payudara dan kanker leher rahim. Mengingat, melalui deteksi dini pencegahan dapat dilakukan dan pengobatan dapat dilakukan lebih cepat. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengungkapkan bahwa upaya pemerintah kota Balikpapan menekan angka kasus penderita kanker juga terus dilakukan. 

“Mencegah kanker payudara dan kanker leher rahim ini merupakan bagian dari komitmen kita menuju visi Indonesia 2045 berdaulat maju adil dan Makmur,” ungkapnya. 

Baca juga: 

Hal ini juga sejalan dengan Peraturan menteri Kesehatan RI nomor 29 tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2015 tentang penanggulangan kanker payudara dan kanker leher rahim. 

Menurut perempuan yang akrab disapa Deo, kerja sama ini juga meningkatkan jumlah wanita pasangan usia subur melaksanakan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim melalui pemeriksaan Sadari dan Iva Test. 

“Meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pengendalian kanker payudara dan kanker leher rahim,” tukasnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua YKI Kota Balikpapan, Sri Soetantinah, menyambut baik dan mengapresiasi terhadap MoU kerja samanya yang dilaksanakan. 

“Karena melalui deteksi dini akan mengetahui dengan cepat dan segera dilakukan pengobatan,” ucapnya.

Diketahui, YKI Balikpapan melaksanakan berbagai program dalam pengendalian kanker. Dari tahun ke tahun ia menyebut, jumlah wanita usia subur yang melakukan deteksi dini kanker mengalami peningkatan. 

“Itu terbukti dengan kegiatan deteksi dini kanker yang dilakukan bekerja sama dengan berbagai instansi,” tambahnya. ###