Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Kukar, Lukman
Kutai Kartanegara

Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Kukar Adakan Pelatihan Khusus

  • Dengan adanya pelatihan ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dan berkontribusi pada ekonomi lokal
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA - Demi mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) segera menggelar 8 pelatihan Khusus di tahun 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Kukar, Lukman mengungkapkan, rencana ambisius untuk meningkatkan kualifikasi tenaga kerja di wilayahnya, dengan mempersiapkan delapan kegiatan pelatihan demi menunjang skill. 

“Kita aturkan program pelatihan di tahun ini guna memberantas pengangguran di Kukar,” ucap Lukman pada, Rabu 17 April 2024.

Ia mengungkapkan, bahwa pelatihan yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 akan mencakup berbagai bidang, mulai dari basic operator alat berat hingga pelatihan dasar satpam. 

BACA JUGA:

Selain itu, untuk mengantisipasi kebutuhan industri, mereka juga akan menyelenggarakan pelatihan dalam seperti, desain grafis, SKK Migas, konten kreator, operator forklif, dan bidang welding.

“Kami akan merekrut pemuda, yang punya keinginan untuk masuk ke dunia industri,” terangnya.

Dengan adanya pelatihan tersebut, Lukman menegaskan, bahwa mereka ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dan berkontribusi pada ekonomi lokal.

Lanjutnya, dalam upaya untuk mempersiapkan pelaksanaan pelatihan, mereka telah memulai persiapan untuk membuka pendaftaran pada akhir bulan April atau awal Mei.

“Kami mulai mempersiapkan pembukaan pelatihan, diakhir bulan April atau mei,” katanya

Terakhir, Lukman berharap, dengan memberikan akses yang lebih luas kepada pelatihan ini, nantinya akan tercipta peluang baru bagi masyarakat lokal untuk meningkatkan kualifikasi dan memperluas kesempatan kerja. (ADV/DISKOMINFO-KUKAR)