Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Sri Hartini
Ekonomi

Tekan Inflasi, Ini Cara Pemkot Balikpapan

  • BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui dinas terkait akan melakukan intervensi, dalam menekan angka Inflasi di Kota Bal
Ekonomi
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui dinas terkait akan melakukan intervensi, dalam menekan angka Inflasi di Kota Balikpapan.

"Kita sudah rapat berkali-kali untuk melakukan tindakan pengendali terhadap inflasi, dengan melakukan operasi pasar," jelas Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Sri Hartini pada Rabu 10 Januari 2024.

Titin sapaan karibnya mengatakan operasi pasar akan dilakukan di beberapa titik. Operasi ini dilakukan dinas terkait yakni Bagian Perekonomian Setda Kota Balikpapan, Dinas Perdagangan dan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan.

"Kita juga akan melakukan intervensi untuk ke petaninya, bagaimana caranya petani kita ini khususnya yang dihasilkan di kota," ucapnya.

BACA JUGA:

Sedangkan untuk barang yang dihasilkan dari luar Balikpapan ini, peran distributor untuk mengoptimalisasi terhadap Perumda. Pengendalian Inflasi melalui dana BTT, dengan bekerjasama dengan semua pihak yang berkaitan. 

"Kita mengharapkan Perumda ini bisa maksimal dalam mendatangkan barang-barang yang menjadi penyumbang Inflasi. Setidaknya bisa menstabilkan harga terutama barang penyumbang Inflasi," ujarnya.

Tak hanya itu, intervensi juga dilakukan dengan cara menggunakan kios penyimbang yang berada di Pasar Pandansari dan Pasar Klandasan. Kios itu seperti gudang, nanti dioptimalkan dengan Perumda untuk berjualan disana. 

"Nanti Perumda yang maksimalkan. Kita minta jual dengan harga yang lebih rendah," terangnya. (*)