Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa'bani
Kabar Ibu Kota

Tekan Penyebaran Covid-19, Pemprov Tidak Terima Tamu

  • Cegah Penyebaran Virus Corona

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Upaya pencegahan penyebaran virus Corona terus dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kebijakan terbaru pemprov khususnya Kantor Gubernur Kaltim tidak menerima tamu.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa'bani menegaskan kebijakan pemerintah di Kaltim khususnya Kantor Gubernur Kaltim tidak menerima tamu. “Kita tidak menerima tamu, kecuali ada janji sebelumnya. Atau urusan dinas. Kebijakan ini belum ada batas waktunya atau sampai kapan, kita lihat kondisinya," kata Sa'bani saat dihubungi, Jumat (17/7/2020).

Selain tidak menerima tamu secara umum, Sa'bani mengatakan akses masuk bagi seluruh pegawai hanya melalui satu pintu, yakni pintu depan/utama dengan pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas dari Satpol PP Kaltim.

Otomatis, pintu-pintu masuk disamping kanan kiri dan belakang untuk Gedung A dan B ditutup rapat dan wajib melalui pintu utama (pintu depan Kantor Gubernur Kaltim).

"Pegawai kita harus lewat pintu depan dan dikontrol kesehatannya. Tidak ada tamu umum, kita tidak terima dulu. Semuanya wajib terkontrol dengan baik," jelasnya.

Walaupun Kantor Gubernur untuk sementara tidak melayani tamu umum, namun kegiatan pelayanan dan roda pemerintahan tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan ketat.
 
"Setiap pegawai kita diwajibkan mentaati protokol kesehatan. Menjaga jarak aman, menggunakan masker dan cuci tangan selalu. Kita kurangi kegiatan yang kumpul-kumpul banyak orang," ujarnya.

Ditambahkan Sa'bani, saat ini rapid tes terus dilakukan bagi seluruh pegawai yang rutin dan intensitas banyak berinteraksi dengan orang selama ini. “Rapid tes kita bagi pegawai yang sering berinteraksi. Kebijakan juga kita ambil dengan mengimbau seluruh OPD dan biro-biro. Saat ini mereka secara bergantian rapid tes untuk karyawan karyawatinya," imbuhnya.

Sementara itu, kondisi Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat ini dalam kondisi baik atau tanpa gejala layaknya orang terpapar covid-19. Salah satu yang dilakukan oleh orang nomor dua Benua Etam ini ketika menjalani isolasi mandiri adalah berjemur dibawah sinar matahari pagi guna meningkatkan imun tubuh.
 
Berjemur dibawah sinar matahari pagi juga bisa dilakukan masyarakat agar selalu fit dan terhindar dari Covid-19, selain juga dengan rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat, serta tentunya patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menggunakan masker ketika beraktifitas di luar rumah dan menghindari kerumunan atau menjaga jarak aman.