Ilustrasi
Kabar Ibu Kota

Temukan Pedang Rongsokan di Garasi Ayah, Ternyata Laku Rp500 Juta

  • Siapa sangka, barang yang sudah dikira tak berharga ternyata memiliki nilai yang tak terduga

Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM—Siapa sangka, barang yang sudah dikira tak berharga ternyata memiliki nilai yang tak terduga. Seperti yang ini terjadi di Yorkshire Utara, sebagaimana dikutip dari trenasia.co, Inggris ketika seorang anak sedang membersihkan garasi ayahnya yang baru saja meninggal. Dia menemukan pedang kuno yang berkarat dan rusak. Bahkan bagian ujungnya patah.

Namun, dia langsung menyadari yang dia lihat adalah harta karun.  Segera dia membawa pedang itu ke ahli, pembuat pedang Paul Macdonald dari Macdonald Armouries, di Edinburgh, untuk meminta evaluasi dan penilaian harga.

Macdonald tahu bahwa pedang itu berasal dari abad ke 15 atau 16, dan mengatakan pedang itu digunakan oleh para pejuang di Dataran Tinggi Skotlandia, yang dikenal sebagai gallowglass, tentara bayaran elite yang bertindak sebagai pengawal para kepala suku Irlandia.

Alih-alih menyimpannya, sang anak – yang lebih suka tetap anonim – memutuskan untuk melelang di rumah lelang Hutchinson Scott.

Pedang itu awalnya hanya dihargai beberapa ratus poundsterling, Macdonald memutuskan untuk menawarkan pedang kuno itu sendiri dan mengharapkannya bisa mendapat harga beberapa ribu poundsterling.

Dia benar terkejut dengan tawaran terakhir – 30.000 poundsterling atau sekitar Rp548  juta. Itu jumlah yang besar untuk Macdonald, jadi pedang itu dikirim ke rumah barunya di Kanada, meskipun nama pemilik baru belum diumumkan.

Pedang ini adalah artefak langka, kata Macdonald, yang biasanya hanya ditemukan di museum, atau mungkin di tanah leluhur keluarga tertentu.  Meskipun tidak dalam kondisi sempurna, tetap saja barang kuno yang berharga.  Dia menduga pedang itu mungkin telah terkubur, atau tenggelam dalam air, atau bahkan ditinggalkan begitu saja hingga kondisinya yang rusak.

Tetapi dia mengaku agak heran  pedang itu memiliki tawaran yang begitu tinggi. “Saya terkejut ketika naik menjadi 6.000, kemudian 7.000 (poundsterling)  tetapi sungguh, saya senang bahwa itu telah pergi untuk harga yang mencerminkan nilai sebenarnya,” katanya kepada situs web scarboroughnews.com dan dikutip The Vintage News  Jumat (14/ 2020).

Pejuang gallowglass, menurut Macdonald  disewa oleh pejabat penting Irlandia untuk melindungi mereka. “Pedang ini sangat ringan dan sangat cepat,” katanya, jadi itu akan menjadi senjata yang sempurna untuk digunakan pengawal.

Inggris terkenal dengan banyak harta kejutan. Hal ini wajar mengingat negara itu sudah berusia berabad-abad. Seringkali kali anak-anak menemukan peninggalan berharga di tempat-tempat paling aneh ketika membersihkan rumah orang tua mereka.

Medali  perang, mobil-mobil tua yang sudah lama ditinggalkan dan barang-barang antik berharga lain  banyak  yang ditemukan di berbagia tempat tidak semestinya.