Andi Sri Juliarty
Kabar Ibu Kota

Tenaga Kesehatan di Balikpapan Tercukupi Hanya Saja Pendistribusian Belum Merata

  • BALIKPAPAN – Tingkatkan pelayanan kesehatan di Kota Balikpapan terus dilakukan. Salah satunya dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan. Mela
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Tingkatkan pelayanan kesehatan di Kota Balikpapan terus dilakukan. Salah satunya dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan. Melalui pelantikan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), secara bertahap tenaga kesehatan terkecukupi. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr. Andi Sri Juliarty, usai menghadiri Pelatikan/Sumpah Janji PPPK dan Pejabat Administrator di Auditorium Balaikota Balikpapan pada Senin 27 November 2023. 

Andi Sri Juliarty mengatakan ketersediaan tenaga kesehatan di Kota Balikpapan dapat tercukupi secara bertahap. Meski demikian distribusinya masih terkendala karena masih belum merata.

“Kalau kondisi tenaga kesehatan di kota Balikpapan secara jumlah sebenarnya mencukupi. Tapi distribusinya, misal ada di rumah sakit satu cukup tapi di rumah sakit satunya kurang,” ucap Andi Sri Juliarty.

Meski bisa dikatakan mencukupi, lanjutnya, ketercukupannya itu hanya pada standar pelayanan minimal.

BACA JUGA:

“Contoh di Puskesmas itu butuh jenis 9 tenaga, 9 jenis tenaga itu ada tapi jumlahnya itu hanya satu-satu, sedangkan jumlah warganya banyak. Seperti di Sepinggan itu membawahi tiga wilayah Kelurahan Sepinggan, Kelurahan Sepinggan Raya dan kelurahan Sepinggan Baru,” terangnya.

Kalau melihat secara jenis tenaga itu mencukupi, tapi jumlahnya untuk mengcover warganya itu masih belum mencukupi.  Sehingga dilakukan penambahan tenaga, salah satunya lewat jalur PPPK, lewat perpindahan wilayah kerja dan juga bantuan dari dokter-dokter intensif yang penempatan di kota Balikpapan. Sehingga pelayanan masih bisa berjalan

“Saat ini jumlah tenaga kesehatan yang ada di bawah Dinas kesehatan itu tercantum tercapai 1.025 termasuk tenaga PPPK,” tutup Andi Sri Juliarty. (*)