Terapkan E-Katalog, Pemkot Balikpapan Sosialisasi ke Kontraktor Lokal
Kabar Ibu Kota

Terapkan E-Katalog, Pemkot Balikpapan Sosialisasi ke Kontraktor Lokal

  • IBUKOTAKINI.COM – Seiring dengan pelaksanaan peningkatan kapasitas kelembagaan konstruksi tahun anggaran 2023. Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan melak
Kabar Ibu Kota
Bunga Citra

Bunga Citra

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Seiring dengan pelaksanaan peningkatan kapasitas kelembagaan konstruksi tahun anggaran 2023. Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan melaksanakan sosialisasi E-Katalog Sektoral/Lokal Konstruksi dan Permen PUPR No.01 Tahun 2023, tentang Pedoman Pengawasan Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Sosialisasi dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Andi Muhammad Yusri Ramli, yang ditandai dengan pemukulan gong. Pembukaan sosialisasi didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Rita, PLH Kabid Bina Jasa Konstruksi Provinsi Kaltim, Marini di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan, Kamis, 3 Agustus 2023. 

Asisten II mengatakan bahwa dengan kegiatan ini kontraktor akan memahami terkait jasa konstruksi. Diketahui, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menerbitkan Peraturan Menteri nomor 1 tahun 2023 tentang pedoma pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi yang dilaksanakan pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota. 

“Pengawasan ini tentunya salah satu upaya pemerintah dalam menjaga kualitas proyek fisik atau infrastruktur pemerintah selalu tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya,” terangnya yang hadir mewakili Sekretaris Daerah, Kota Balikpapan, Muhaimin.

Terapkan E-Katalog, Pemkot Balikpapan Sosialisasi ke Kontraktor Lokal

Menurutnya, sosialisasi ini penting bagi para pelaku usaha sektor konstruksi, khususnya di Balikpapan untuk memahami regulasi yang mengatur sektor konstruksi. 

“Diharapkan juga bagi jasa konstruksi, kontraktor, maupun konsultan mempunyai pengetahuan yang meningkat sehingga bisa menjadi tuan di rumah sendiri seiring pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN),” pesannya kepada kontraktor lokal yang hadir dalam sosialisasi. 

Dalam kesempatan itu, Kepala DPU Balikpapan, Rita menjelaskan bahwa setelah sosialisasi dilaksanakan akan dilakukan bimbingan teknis bagi kontraktor. 

“Rencananya e-katalog ini akan diterapkan pada saat anggaran perubahan 2023. Melalui e-katalog akan mempercepat waktu, dan penyedia akan melihat langsung apa saja yang ditawarkan di etalase,” ungkapnya.

Selain itu, peran pemerintah adalah melakukan pengawasan selama konstruksi berjalan di mana dalam hal ini adalah Dinas Pekerjaan Umum. (Adv)