Terima Dana TKD, Wali Kota Balikpapan: Optimalkan Pemanfaatan Anggaran
Kabar Ibu Kota

Terima Dana TKD, Wali Kota Balikpapan: Optimalkan Pemanfaatan Anggaran

  • BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menerima dana transfer ke daerah (TKD) untuk tahun 2024 sebesar Rp1,9 Triliun. Penyerahan TKD tersebut berla
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan menerima dana transfer ke daerah (TKD) untuk tahun 2024 sebesar Rp1,9 Triliun. Penyerahan TKD tersebut berlangsung dalam penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi TKD dan Dana Desa Tahun 2024. 

Penyerahan DIPA diselenggarakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Balikpapan di Auditorium Balaikota Balikpapan, Senin 18 Desember 2023. 

Dalam kesempatan itu, Pemkot Balikpapan memperoleh penghargaan untuk penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap ketiga yang terbaik untuk KPAN wilayah Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud menjelaskan diterimanya TKD untuk daerah ini akan mendorong perekonomian. 

“Dana juga bisa digunakan untuk menekan inflasi. Di mana setiap tahunnya Balikpapan mengalami inflasi,” ucapnya di depan Kepala KPPN Balikpapan Fitra Riadian, dan perwakilan daerah serta instansi vertikal.

BACA JUGA:

Ia juga mengatakan bahwa anggaran yang diperoleh ini dapat digunakan secara optimal dan khususnya melaksanakan tugas pokok fungsi Satuan Kerja (Satker) dalam pelayanan publik. Agar penggunaan keuangan negara dapat memberikan manfaat dengan baik.

“Saya ingin mengingatkan untuk fokus bekerja dan meningkatkan koordinasi sehingga APBD dan APBN dapat menjadi katalisator pembangunan serta menggandeng stake holder swasta dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Kota Balikpapan,” kata Wali Kota.  

Penyerahan DIPA dan TKD diserahkan melalui digital sekaligus penandatanganan Pakta Integritas dan pemasangan pin Hakordia dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2023. (***)