Terima Kunjungan Unmul, Pertamina Unit Balikpapan Sosialisasi Proses Kontrol Kualitas Produk
Kabar Ibu Kota

Terima Kunjungan Unmul, Pertamina Unit Balikpapan Sosialisasi Proses Kontrol Kualitas Produk

  • IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 29 mahasiswa dan 3 dosen Prodi S1 Teknik Lingkungan dari Universitas Mulawarman Samarinda melakukan kunjungan indus
Kabar Ibu Kota
mala

mala

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 29 mahasiswa dan 3 dosen Prodi S1 Teknik Lingkungan dari Universitas Mulawarman Samarinda melakukan kunjungan industri ke PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, Selasa, 8 Agustus 2023.

Perwakilan Dosen Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Mulawarman Ibrahim menyampaikan tujuan dari kunjungan Universitas Mulawarman ke Kilang Pertamina Unit Balikpapan adalah untuk melihat konektivitas antara dunia pendidikan dengan praktiknya di dunia kerja.

“Kunjungan kami kesini tentunya sebagai ajang silaturahmi antara akademisi dengan praktisi di PT KPI Unit Balikpapan. Selain mahasiswa yang akan menggali ilmu langsung pada narasumber Pertamina pada hari ini, kami sebagai dosen tentunya akan ikut belajar dan melihat langsung sejauh mana penerapan disiplin ilmu kami di lingkungan Kilang Pertamina Unit Balikpapan,” ujar Ibrahim.

Kegiatan diawali dengan pemaparan sekilas proses bisnis PT KPI Unit Balikpapan oleh pekerja PT KPI Unit Balikpapan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Kegiatan ditutup dengan melakukan site visit ke dalam kilang guna melihat secara langsung operasional yang ada di dalam kilang.

Ibrahim mengaku senang dapat berkunjung ke dalam kilang untuk pertama kalinya, “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak manajemen PT KPI Unit Balikpapan atas sambutan yang hangat, dengan persiapan yang luar biasa bagi kami saat berkunjung kesini,” ucap Ibrahim.

BACA JUGA:

Kegiatan ini juga menjadi salah satu kesempatan bagi Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan untuk mengedukasi proses kontrol kualitas produk di Kilang Pertamina Unit Balikpapan.

Senior Supervisor Stream & Distribution PT KPI Unit Balikpapan Akhmad Ikhsan menjelaskan upaya yang dilakukan perusahaan demi memastikan kualitas produknya. 

“Untuk melakukan penelitian produk, selain kami lakukan pengecekan di laboratorium kami yang sudah tersertifikasi Komite Akreditasi Nasional (KAN), kami juga mengirimkan sample ke laboratorium independen untuk memastikan kualitas produk yang kami kelola,” kata Ikhsan.

Menanggapi antusias pertanyaan mahasiswa terkait kualitas produk dan kaitannya dengan mesin kendaraan mereka sebagai pengguna, Ikhsan juga menjelaskan terkait produk gasoline.

“Dengan lebih sedikit molekul bahan bakar, tenaga yang dihasilkan pada mesin kendaraan lebih besar. Bila kita sudah paham tentang kualitas bahan bakar ini tentunya secara ekonomispun akan lebih hemat bahan bakar dengan Octane lebih tinggi,” jelas Ikhsan.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dan keterbukaan perusahaan kepada dunia pendidikan.

“Pada prinsipnya perusahaan menyambut baik kunjungan industri yang dilakukan Universitas Mulawarman ke PT KPI Unit Balikpapan. Kami berharap melalui kunjungan ini dapat meningkatkan pemahaman adik-adik mahasiswa terkait industri pengolahan minyak dan gas,” tutup Chandra. (*)