Tiga Perwakilan Masyarakat Sampaikan Aspirasi di Musrenbang 2024 Kota Balikpapan
Daerah

Tiga Perwakilan Masyarakat Sampaikan Aspirasi di Musrenbang 2024 Kota Balikpapan

  • BALIKPAPAN - Tiga perwakilan masyarakat di Balikpapan sampaikan aspirasi di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 dalam ra
Daerah
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Tiga perwakilan masyarakat di Balikpapan sampaikan aspirasi di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2024 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025.

Penyampaian aspirasi sebelum Musrenbang dibuka oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud di Novotel Balikpapan Kamis 8 Maret 2024.

Musrenbang dihadiri DPRD Balikpapan, tokoh masyarakat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan lurah.

Ketiga perwakilan itu Forum Anak Balikpapan, Organisasi Perempuan dan perwakilan kelompok muda.

BACA JUGA:

Perwakilan Forum Anak Balikpapan, Sherza Fathin, menyampaikan harapannya agar dilibatkan keterkaitan anak. Dan pemerintah dapat menambah ruang bermain anak baru.

"Harapannya lainnya adalah larangan dan pemberian sanksi bagi warung yang menjual rokok konvensional dan elektrik," katanya.

Aspirasi lainnya penambahan zona aman anak sekolah dan fasilitas transportasi anak sekolah yang terintegrasi.

Selanjutnya aspirasi juga disampaikan perwakilan kelompok perempuan. Yaitu pendampingan yang maksimal terhadap korban kekerasan anak dan perempuan. Serta adanya gedung sekretariat bagi organisasi perempuan.

Kemudian kelompok pemuda disampaikan oleh Jeri Miteti. Salah satunya penambahan ekonomi kreatif bagi pemuda.

Usai penyampaian aspirasi ketiga perwakilan, Musrenbang dilanjutkan dengan pembukaan dan tanya jawab. Kemudian diakhiri dengan penandatanganan Hasil Kesepakatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan dalam rangka Penyusunan RPJPD dan RKPD Kota Balikpapan.

Berita acara tersebut berisi pemaparan rancangan RKPD Kota Baikpapan Tahun 2025 oleh Kepala Bappeda-Litbang, tanggapan Bappeda Provinsi KalimantanTimur terkait pemaparan dan penyamaian pokok-pokok pemikran DPD pada RKPD tahun 2025 oleh Wakil Ketua DPRD Balikpapan dan arahan Wali Kota Balikpapan terhadap RKPD. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono berharap, seluruh perencanaan, aspirasi yang disampaikan warga bisa ditampung. Meskipun semua kembali lagi pada kemampuan keuangan daerah. "Mana yang sekarang menjadi prioritas," ucapnya.

Budiono memaparkan lima poin yang disampaikan yakni terkait pendidikan. Melalui pendidikan bisa membangun generasi penerus bangsa yang baik, sehingga bisa melanjutkan tongkat estafet bangsa ini. (*)