Tim Surveyor Lakukan Survei Akreditasi RSUD Beriman Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Tim Surveyor Lakukan Survei Akreditasi RSUD Beriman Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM -  Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan selama tiga hari mulai dilakukan Survei Akreditasi. Di mana tim
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM -  Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan selama tiga hari mulai dilakukan Survei Akreditasi. Di mana tim surveyor selama 3 hari tersebut melakukan survei dari tingkat pelayanan. 

Tim Survei Akreditasi RSUD Beriman diketuai dr. Raden Gunawan Effendi didampingi Syarifuddin SKep.Ns.MKep. 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengungkapkan bahwa setiap rumah sakit wajib terakreditasi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 12 Tahun 2020. 

“Akreditasi dilakukan secara berkala bagi rumah sakit yang telah beroperasi. Maka RSUD Beriman termasuk dalam rumah sakit yang wajib menjalankan akreditasi,” ucapnya menyambut Tim Surveyor di RSUD Beriman, Senin, 27 Maret 2023. 

Ia menilai akreditasi memiliki tujuan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkelanjutan dan melindungi keselamatan pasien, kemudian sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit. 

“Dan meningkatkan tata kelola rumah sakit. Yang terpenting adalah mendukung program pemerintah di bidang kesehatan. Apalagi bidang kesehatan merupakan program prioritas kami,” tandasnya. 

BACA JUGA:

Wali Kota kembali mengingatkan bahwa rumah sakit tidak boleh membedakan perlakuan terhadap pasien. 

“Tidak ada membeda-bedakan latar belakang pasien, apakah pasien umum atau pasien BPJS. Berikan pelayanan terbaik kepada pasien,” tekan beliau. 

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan Pemerintah Kota berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan menambah fasilitas kesehatan. 

“Tahun ini pemerintah melanjutkan pembangunan rumah sakit di Balikpapan Barat sehingga pemerataan pelayanan kesehatan pun tetap dilakukan,” imbuhnya. 

Pada tahun ini juga, dengan dukungan tim medis serta stake holder lainnya Kota Balikpapan berhasil meraih penghargaan Universal Healt Care (UHC) karena 99 persen warga telah terlindungi jaminan kesehatan. 

Sementara itu, Ketua Tim Survei RSUD Beriman, Raden Gunawan mengatakan bahwa survei akreditasi dilakukan sesuai amanah peraturan pemerintah. 

“Melalui survei akan diketahui apa saja yang perlu diperbaiki. Karena semua itu adalah proses. Proses perjalanan dari operasional rumah sakit,” tuturnya. 

“Mudah-mudahan survei yang berlangsung selama dua hari dapat berjalan lancar, dan tim bisa saling sinergi.”

Sebagai informasi, RSUD Beriman sebelumnya telah mendapatkan akreditasi Paripurna. Dan akreditasi dilakukan setiap 4 tahun sekali. ###