Simulasi Kebakaran Hutan dan lahan, di Dome pada Kamis 7 September 2023
Kabar Ibu Kota

Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Apel Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

  • IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud S.E., M.E., memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Halaman B
Kabar Ibu Kota
emylmaulana

emylmaulana

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud S.E., M.E., memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) pada Kamis, 7 September 2023. 

Apel diikuti personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri dan sejumlah instansi terkait. Dan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin S.T., M.T., serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan. 

Dalam amanatnya, Wali Kota Rahmad Mas'ud menyampaikan bahwa sesuai dengan instruksi Presiden RI yang tertuang di dalam nomor 3 tahun 2020 tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. 

Di mana beberapa instruksi itu adalah upaya penanggulangan dan pencegahan, memperhatikan himbauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan menindaklanjuti keputusan Gubernur Kaltim tentang penetapan status keadaan siaga bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan. 

"Dari data kejadian bencana kebakaran hutan dan lahan di Balikpapan dalam kurun waktu Juni sampai Agustus 2023 sebanyak 28 kali kejadian kebakaran hutan dan lahan," terangnya.

BACA JUGA:

Ia menilai pemerintah daerah tentu tidak mampu bekerja sendiri sehingga diperlukan komitmen bersama dan peran pentahelix untuk saling berkolaborasi sesuai kapasitas masing-masing. 

"Pentingnya kesiapsiagaan sebagai salah satu upaya mitigasi untuk mengurangi dampak atau pun risiko yang akan ditimbulkan jika terjadi bencana," ungkap beliau.

Selain itu, diperlukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara langsung dan melalui media sosial maupun lainnya. 

Usai apel dilaksanakan simulasi terjadi kebakaran lahan akibat seorang warga yang ingin membuka lahan secara cepat. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas BPBD Balikpapan, Usman Ali mengungkapkan dalam mewaspadai kekeringan ini sejumlah posko disiapkan. Termasuk armada yang telah disiapsiagakan. 

"Beberapa titip rawan yang perlu diwaspadai untuk lahan ada di Timur dan Utara. Sedangkan pemukiman padat ada di Barat dan Tengah," tutupnya. (*)