Tingkat Kempetensi, Sekda Kukar Buka Diklat Kecakapan Awak Kapal dan LLAJ
Kabar Ibu Kota

Tingkat Kempetensi, Sekda Kukar Buka Diklat Kecakapan Awak Kapal dan LLAJ

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) semakin berfokus pada peningkatan kecakapan awak kapal d
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) semakin berfokus pada peningkatan kecakapan awak kapal dan pengaturan lalu lintas angkutan jalan. 

Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono, memulai Diklat Kecakapan Awak Kapal dan Diklat Orientasi Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) di Gedung Bappeda Lantai I pada, Rabu 25 Oktober 2023.

Balai Latihan Kerja menggelar Diklat Kecakapan Awak Kapal dan Diklat Orientasi LLAJ, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam pelayanan masyarakat di bidang perairan, danau, penyeberangan sungai, dan darat. 

Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Balai Latihan Kerja dan mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kukar.

Sekda Kukar Sunggono mengungkapkan bahwa, kolaborasi ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan transportasi baik darat maupun air. 

"Pelatihan ini, merupakan hasil kerjasama kami dengan Balai Latihan Kerja. Tujuannya adalah, untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam pelayanan masyarakat di bidang perairan, danau, penyeberangan sungai, dan darat, agar bisa menekan angka kecelakaan transportasi baik darat ataupun air," jelasnya saat ditemui pasca membuka acara diklat tersebut.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Sunggono menjelaskan bahwa pelatihan ini diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai Kecamatan di Kukar, termasuk Tenaga Harian Lepas (THL) serta perwakilan dari Dinas Perhubungan. Totalnya, sebanyak 120 orang mengikuti pelatihan ini.

Sunggono juga mengekspresikan harapannya terhadap program ini diklat ini, agar bisa menambah pengetahuan dan pemahaman para awak kapal dan LLAJ.

"Harapannya, ya mudah-mudahan bisa memberikan dampak yang positif bagi keselamatan transportasi di Kukai. Baik dibidang pelayaran, penyeberangan, maupun di bidang darat,” ungkapnya.

Program Pendidikan dan Pelatihan Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini, memperlihatkan komitmen Pemerintah Kabupaten Kukar, dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi, dan mengurangi risiko kecelakaan demi keamanan masyarakat. 

Program semacam ini diharapkan akan memberikan manfaat positif yang signifikan bagi Kukar dalam jangka panjang. (Adv)