Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra saat mengunakan Warning Light dan Pelican Crossing, di depan Kantor Balai Kota Balikpapan
Balikpapan

Tingkatkan Keselamatan Penyeberang Jalan, Dishub Pasang Warning Light 

  • Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan memasang Warning Light dan Pelican Crossing di empat titik ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Balikpapan.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Untuk meningkatkan keselamatan para penyeberang jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan memasang Warning Light dan Pelican Crossing di empat titik ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengatakan pemasangan Warning Light dan Pelican Crossing, terdapat di empat titik di wilayah Jalan Jenderal Sudirman yakni penyeberangan Balikpapan Plaza, Kantor Polres Balikpapan, Gedung Parkir dan depan Balai Kota Balikpapan. 

"Kita memasang Warning Light dan Pelican Crossing, untuk memberikan informasi bagi para pengendara untuk berhenti sejenak, karena ada orang menyeberang jalan," jelasnya kepada media.

Lanjut Edo sapaan karibnya menginginkan  kedepan Warning Light dan Pelican Crossing yang menggelontorkan anggaran  kurang lebih sebesar Rp 1.2 miliar untuk empat pasang Warning Light dan Pelican Crossing dapat dipasang di area sekolah, dalam rangka pemenuhan zona keselamatan sekolah, seperti contohnya di wilayah Karang Bugis, ada dua sekolah SD di wilayah tersebut. 

"Kita upayakan tahun depan. Yang penting di zona sekolah," katanya pada Sabtu 3 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Disamping itu juga, Warning Light dan Pelican Crossing juga rencana terpasang di wilayah yang mempunyai bangkitan yang tinggi atau tingkat aktivitas kendaraan yang cukup ramai.

"Diperkirakan 20 lebih kebutuhan yang diperlukan untuk jalan utama di Balikpapan. Balikpapan ini kadang-kadang ramai dan kadang-kadang sepi juga, kalau sepi kan nggak perlu, cukup pakai zoss sudah bisa," ungkapnya.

Jalan utama di Balikpapan yang dimaksud, di Jalan Soekarno Hatta, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Marsma R Iswahyudi  maupun Jalan Letjen Suprapto. 

Edo menyampaikan bahwa tahun ini baru ada empat Warning Light dan Pelican Crossing. Untuk tahun depan masih diusulkan, karena masih belum selesai  pembahasan. 

"Mudah-mudahan ada anggota dewan yang memberikan dana pokir ke kita, sehingga bisa kita tambahin," terangnya.

Edo berharap media dapat mensosialisasikan kepada pengguna jalan di empat titik di wilayah Jalan Jendral Sudirman, agar dapat memanfaatkan Warning Light dan Pelican Crossing, dalam rangka meningkatkan keselamatan di jalan.

"Kita mengedukasi masyarakat Balikpapan dengan publikasi. Namun, bagi masyarakat Balikpapan yang sudah sering ke Jakarta, sudah tau penggunaannya," tukasnya. ***