Tingkatkan Kompetensi Guru dan Siswa, Pelatihan Numerasi di SDN 016 Penajam
Penajam

Tingkatkan Kompetensi Guru dan Siswa, Pelatihan Numerasi di SDN 016 Penajam

  • Pelatihan yang berlangsung selama 17 hari, mulai 14 Oktober hingga 30 Oktober 2024 ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam pembelajaran matematika secara inovatif dan menyenangkan.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Zainal Arifin, secara resmi membuka pelatihan numerasi dengan metode Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (GASING) di SDN 016 Penajam pada Senin 14 Oktober 2024. Pelatihan ini mengusung tema "Penajam Paser Utara Lair Lantis Ngitung Jiang Metode GASING" yang berarti Penajam Paser Utara Pandai Berhitung dengan Metode GASING.

Kegiatan ini diikuti oleh 96 peserta, yang terdiri dari 32 guru terbaik dan 64 siswa dari jenjang SD dan SMP di empat kecamatan di PPU. 

Pelatihan yang berlangsung selama 17 hari, mulai 14 Oktober hingga 30 Oktober 2024 ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam pembelajaran matematika secara inovatif dan menyenangkan.

Dalam sambutannya, Muhammad Zainal Arifin mengapresiasi inisiatif pelatihan ini sebagai upaya memperbaiki metode pengajaran matematika yang selama ini dianggap menakutkan oleh sebagian besar siswa. Pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan membosankan, terutama karena metode pengajaran yang monoton dan satu arah.

"Pelatihan ini tidak hanya menambah kompetensi guru, tetapi juga membantu siswa memahami matematika dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Harapannya, momok bahwa matematika itu sulit akan hilang, dan siswa mulai menyukai mata pelajaran ini," ujar Zainal Arifin.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Zainal Arifin menekankan bahwa matematika adalah dasar dari berbagai ilmu pengetahuan, terutama di era digital saat ini. 

“Harapannya dengan metode GASING, kualitas pendidikan di PPU akan meningkat, dan guru-guru dapat menerapkan pembelajaran matematika yang lebih kreatif sehingga siswa lebih termotivasi,” tuturnya.

Program ini juga mendapat dukungan dari Prof. Yohanes Surya, pendiri PT. Digital Gasing Edukasi, yang turut mengirimkan trainer untuk melatih guru dan siswa. Metode GASING dikembangkan untuk mempermudah pemahaman matematika bagi semua kalangan, sehingga siswa dapat mengaplikasikan ilmunya secara lebih baik.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga PPU beserta jajarannya, yang menyatakan komitmennya untuk terus mendukung program-program pendidikan semacam ini. (Adv/Diskominfo PPU)