Pelatihan kerja bagi lulusan SMA sederajat  (Ilustrasi)
Penajam

Tingkatkan Kompetensi SDM, Disnakertrans PPU Bakal Gelar Pelatihan

  • Peningkatan kompetensi menjadi penting bagi masyarakat PPU agar nantinya bisa terlibat dalam pembangunan IKN.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Penajam Paser Utara (PPU) tahun ini akan menggelar berbagai kegiatan untuk meningkatkan kompetensi para tenaga kerja.

Pelatihan ini dinilai penting mengingat keberadaan Ibu kota Nusantara (IKN) membuka peluang banyak peluang kerja. 

“Untuk mampu bersaing dengan pekerja dari luar maupun local Kaltim. Kami akan menggelar pelatihan khususnya lulusan SMA atau SMK,” ungkap Kepala Disnakertrans PPU, Marjani pada Jumat 19 April 2024. 

Ia menerangkan bahwa jenis pelatihan yang digelar adalah yang paling dibutuhkan dunia kerja dewasa ini. Seperti mekanikal dan welder.

"Ada welder juga dan sebagainya," imbuhnya.

Menurutnya, peningkatan kompetensi menjadi penting bagi masyarakat PPU agar nantinya bisa terlibat dalam pembangunan IKN.

“Diharapkan dapat terampil dan memiliki kemampuan yang bisa dipertimbangkan di IKN nantinya,” ujarnya.

"Kita akan latih berbagai macam keterampilan atau keahlian bagi mereka.”

BACA JUGA:

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten PPU melakukan rapat terkait data yang aktual dan akurat mengenai tingkat pengangguran dan jumlah penduduk miskin di setiap kecamatan, kelurahan, dan desa. 

“Data ini yang menjadi landasan penting dalam merumuskan kebijakan yang lebih tepat sasaran untuk menangani masalah ini secara efektif,” ungkap Penjabat Bupati PPU, Makmur Marbun belum lama ini.

Ia menyatakan pentingnya pemahaman yang mendalam terhadap data tersebut untuk merancang program-program yang lebih efektif dalam mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di tingkat lokal.

“Data yang akurat dan terperinci akan menjadi dasar bagi kita untuk merancang program-program yang tepat sasaran dan efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Makmur Marbun. (ADV/DISKOMINFO-PPU)