Konjen Australia Todd Dias
Bisnis

Tingkatkan Kualitas SDM, Australia Menyasar Investasi Sektor Pendidikan

  • IBUKOTAKINI.COM – Konjen Australia Todd Dias turut serta sekaligus menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Alur Laut Kepulauan Indonesia
Bisnis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Konjen Australia Todd Dias turut serta sekaligus menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II Zone Investment Forum 2023 di Grand Jatra Balikpapan pada Rabu 25 Oktober 2023.

Konjen Australia Todd Dias mengungkapkan kehadiran Ibu Kota Negara di Provinsi Kalimantan Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. 

Balikpapan sebagai Kota Penyangga juga memiliki magnet bagi investor. Mengingat Balikpapan juga berada di lokasi yang strategis di ALKI II. 

“Investasi Australia di Kaltim khususnya di bidang pertambangan ini sudah berjalan dengan baik. Jadi bagaimana bisa berjalan ke sektor yang lain,” ungkap Todd Dias usai Seminar ALKI II Zone Investment Forum 2023 di Balikpapan, Rabu di Balikpapan 25 Oktober 2023.

Ia menyebut, rencananya akan ada investasi di bidang pendidikan yakni Universitas Central Queensland Australia yang akan membuka kampus di Balikpapan dan IKN. 

“Jadi ada Universitas terkenal di Australia yang akan buka. Ada kemungkinan dua kampus, khususnya yang sains tekhnologi terkait dengan pertambangan dan lain-lain, sangat cocok,” katanya.

BACA JUGA:

Todd mengaku sangat senang ada salah satu universitas yang sangat terkenal di Australia buka di Balikpapan. 

Karena sejauh ini sudah ada Universitas Monash di Jakarta yang merupakan perguruan tinggi asing pertama di Indonesia. “Baru pertama buka di Jakarta dari Kampus Australia,” ujarnya.

Lanjut Todd, kehadiran Universitas Australia di Balikpapan ataupun IKN tidak akan bersaing dengan universitas lokal. Karena justru akan bekerja sama dalam pengembangan pendidikan.

“Bahwa tidak mau bersaing dengan universitas lokal, ini mau bermitra dengan Universitas disini,” tandasnya. 

“Ada banyak peluang di Balikpapan, ini kota yang cukup besar, kota yang maju, dan ada banyak minat dari perusahaan, karena banyak industri-industri Balikpapan yang perlu pekerja,” tambahnya. (*)