Tingkatkan Pelayanan DLH, Pemkot Balikpapan Berikan 29 Kendaraan Operasional 
Balikpapan

Tingkatkan Pelayanan DLH, Pemkot Balikpapan Berikan 29 Kendaraan Operasional 

  • Pemberian kendaraan operasional ini merupakan wujud kepedulian Pemkot Balikpapan terhadap kesejahteraan para pegawainya, khususnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan sarana dan prasarana bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya bagi para pegawai yang berinteraksi langsung dengan masyarakat atau memberikan pelayanan publik.

Pada Rabu, 29 Mei 2024, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, menyerahkan 29 unit kendaraan operasional roda dua kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan. Kendaraan ini diperuntukkan bagi para pengawas kebersihan dan koordinator lapangan.

"Hari ini kita memberikan sarana dan prasarana kepada para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, khususnya kepada pegawai DLH Kota Balikpapan, untuk digunakan sebagai kendaraan operasional," ujar Wali Kota Rahmad Mas'ud usai penyerahan secara simbolis di Halaman Kantor DLH Balikpapan.

Pemberian kendaraan operasional ini merupakan wujud kepedulian Pemkot Balikpapan terhadap kesejahteraan para pegawainya, khususnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kendaraan roda dua ini diharapkan dapat membantu para pengawas kebersihan dan koordinator lapangan dalam menjalankan tugasnya dengan lebih optimal dan efisien.

Penyerahan kendaraan operasional ini juga menjadi penanda komitmen Pemkot Balikpapan dalam mewujudkan Balikpapan sebagai kota terbaik di Indonesia. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan fasilitas terbaik kepada para pegawai yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, termasuk dalam menjaga kebersihan seluruh Kota Balikpapan.

"Saya rasa ini masih kurang," ungkap Wali Kota Rahmad Mas'ud.

BACA JUGA:

Beliau menekankan bahwa kendaraan operasional roda dua ini sangatlah penting bagi para pegawai yang bertugas di lapangan. Dengan kendaraan ini, mereka dapat bergerak lebih cepat dan sigap dalam menanggapi permasalahan di lapangan, serta dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat untuk menyelesaikan keluhan terkait kebersihan.

Wali Kota Rahmad Mas'ud juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pegawai DLH Kota Balikpapan atas dedikasinya dalam menjaga kebersihan kota. Berkat kerja keras mereka, Balikpapan berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbersih di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut.

"Kalau kita sudah bersama, maka kita bisa mengatasi bersama. Jadi tidak ada bilang karena ada DLH Kota Balikpapan menjadi bersih, tetapi karena kebersamaan kita semua," terangnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana, mengungkapkan bahwa kendaraan operasional roda dua ini merupakan bantuan pertama yang diberikan kembali pada masa kepemimpinan Wali Kota Rahmad Mas'ud. Sebelumnya, bantuan serupa pernah diberikan oleh Almarhum H. Imdaad Hamid pada tahun 2000.

"Tahun ini baru bisa memberikan bidang kebersihan. Insyaallah tahun depan bisa mengajukan secara bertahap di bidang pengawasan lain," katanya.

Sudirman Djayaleksana menambahkan bahwa para pengawas kebersihan dan koordinator lapangan selama ini telah bekerja dengan penuh dedikasi, siang malam, menjalankan tugas berkeliling mengawasi kebersihan di Kota Balikpapan menggunakan kendaraan pribadinya.

"Mereka bekerja siang malam, butuh fasilitas dari pemerintah. Apalagi pekerjaan pengawas di lapangan ini tidak ada hari liburnya, terus memantau kebersihan salah satunya kebersihan jalan. Setiap hari bekerja untuk mengawasi kebersihan, karena setiap ada wilayah tidak bersih, pasti langsung di komplain," katanya. ***