Tingkatkan Produktivitas UMKM, Bea Cukai Balikpapan Lakukan Inovasi Layanan
UMKM

Tingkatkan Produktivitas UMKM, Bea Cukai Balikpapan Lakukan Inovasi Layanan

  • BALIKPAPAN – Tingkatkan produktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Bea Cukai Balikpapan menggelar program inovatif dengan menye
UMKM
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Tingkatkan produktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Bea Cukai Balikpapan menggelar program inovatif dengan menyediakan layanan pembuatan profil UMKM dalam dua bahasa dan foto produk secara gratis. 

Program pembuatan profil dan foto produk gratis yang dimulai pada bulan Februari 2024 ini telah menjadi langkah penting dalam upaya Bea Cukai Balikpapan untuk memberikan dukungan secara nyata kepada pelaku UMKM lokal.

Dalam program ini, UMKM memperoleh manfaat berupa layanan pembuatan profil dan foto produk profesional secara gratis, yang diharapkan akan meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk mereka di pasar lokal maupun internasional.

Untuk memperluas cakupan program dan memberikan dukungan lebih lanjut kepada UMKM, Bea Cukai Balikpapan berkolaborasi dengan Rumah BUMN Balikpapan.

Pertemuan dengan Forum UMKM Balikpapan Selatan dan UMKM binaan Rumah BUMN ini berlangsung di Rumah BUMN Balikpapan. 

Kepala Kantor Bea Cukai Balikpapan, Raden Muhamad Agus Ekawidjaja memaparkan bahwa melalui program ini mendapatkan respon positif dari UMKM terhadap program foto produk tersebut. 

“Ini membuktikan bahwa dukungan semacam ini sangat dibutuhkan dan dihargai oleh komunitas UMKM lokal. Dengan menggandeng Rumah BUMN Balikpapan, kami yakin program ini akan semakin efektif dalam membantu UMKM mencapai potensi penuh mereka,” ungkapnya pada Kamis 28 Maret 2024. 

BACA JUGA:

Di kesempatan itu, Ketua Forum UMKM Balikpapan Selatan, Endah Tri Hapsari, menyambut baik program ini. 

"Kami sangat senang dengan adanya program ini yang merupakan bukti nyata dukungan kepada UMKM, mengingat biaya foto produk profesional tidak murah,” ujarnya. 

Di mana satu kali sesi foto produk bisa dikenakan biaya Rp500.000 hingga Rp1.000.000. 

“Kami selama ini juga kesulitan untuk menyusun kata untuk mempromosikan produk kami. Jadi program pembuatan profil produk ini sangat penting, terlebih dibuatkan dalam Bahasa Inggris."

Kolaborasi antara Bea Cukai Balikpapan dan Rumah BUMN Balikpapan ini menandai langkah maju yang signifikan dalam mendukung UMKM lokal. 

Dengan upaya Bersama ini, UMKM Balikpapan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang, serta menjadi pemain yang lebih kuat dalam perekonomian lokal dan nasional. (*)