Transformasi Guru dalam Mendukung Merdeka Belajar
Kabar Ibu Kota

Transformasi Guru dalam Mendukung Merdeka Belajar

  • IBUKOTAKINI.COM - Tranformasi Guru dalam metode pembelajar itu suatu keharusan karena semua sekarang banyak perubahan. Apalagi dengan adanya s
Kabar Ibu Kota
mala

mala

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Tranformasi Guru dalam metode pembelajar itu suatu keharusan karena semua sekarang banyak perubahan. Apalagi dengan adanya sumber informasi di dunia digital serba cepat dan informasi bisa dapat dari mana saja. Maka dari itu pentingnya transformasi guru dalam merdeka belajar. 

Hal ini disampaikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Ganung Pratino, dalam acara Diskusi Belajar di Hotel Swiss Bellhotel Balikpapan pada Selasa 15 Agustus 2023. 

"Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik diskusi guru penggerak ini. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) ialah pilihan strategi yang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia khususnya Kota Balikpapan," katanya. 

Ganung menyebut untuk memenangkan persaingan global, di tengah perubahan yang berlangsung cepat dari ekonomi, budaya dan politik maka peningkatan SDM ialah sangat penting. Dengan hadirnya guru penggerak maka ini sangat membantu sekali.

Balikpapan mendukung penuh guru penggerak agar semakin banyak dan mendukung perubahan semangat merdeka belajar.

BACA JUGA:

"Saya laporkan pelantikan kepala sekolah minggu depan akan dilantik Kepala Sekolah dari guru penggerak, mohon dukungan," ujar Ganung.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih untuk komisi X DPR RI yang mendukung program guru penggerak ini dan para tamun undang yang hadir guru-guru dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI mengungkapkan bahwa harus menjadi guru yang profesional. Guru yang profesional dengan tujuan berubah, harus meningkatkan kompetensi bekelanjutan, tranformasi perubahan. 

"Kami juga sangat terima kasih kepada dinas provinsi, khusus di level SMP, SMK dan SMA anggaran pun meningkat. Contoh SMK itu ketika lulus mendapatkan sertifikat. Maka guru pun harus mengikuti perkembangan zaman, untuk terus menambah kemampuan," ucapnya.

Herifah menambahkan bahwa Balikpapan gurunya menjadi role model di Ibu Kota Nusantara. IKN memang di Sepaku tapi banyak keputusan terjadi di Balikpapan seperti kantor IKN di Balikpapan dan lain hal. 

"Semua guru harus profesional, untuk menjadi contoh IKN. Kondisi guru-guru kedapan kami berpikir 2024 di Komisi X DPR RI untuk guru harus terus bertransformasi dari tahun ke tahun," tambahnya. (dra)