Ilustrasi
Ekonomi

Tugas Baru Perusda Kaltim: Pastikan Persediaan Bapokting

  • IBUKOTAKINI.COM – Kenaikan harga bahan pokok penting atau Bapokting menjadi pekerjaan rumah pemerintah pusat dan daerah.
Ekonomi
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Kenaikan harga bahan pokok penting atau Bapokting menjadi pekerjaan rumah pemerintah saat ini. 

Apalagi, pemerintah daerah di Kalimantan Timur. Hampir mayoritas kebutuhan bapokting di Benua Etam berasal dari luar daerah. Terutama Jawa dan Sulawesi.  

Untuk mengatasi persoalan pasokan bapokting, Sekretaris Daerah Kaltim, Sri Wahyuni memerintahkan perusahaaan daeah (Perusda) di level provinsi maupun kabupaten dan kota , terjun langsung dalam sektor ini. 

“Perusda yang selama ini belum optimal perlu dioptimalkan terkait penyediaan bahan pokok penting dengan yang harga terjangkau,” kata Sri Wahyuni Rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Senin (13/3/2023).

"Kita lihat di beberapa daerah sudah ada Perusda yang memiliki peran sangat baik dalam mengendalikan dan menyediakan bahan pangan. Nah ini, apabila dioptimalkan tentu akan memudahkan kita dalam pengendalian inflasi dalam wilayah masing-masing," tegasnya sebagaimana dikutip dalam pernyataan resmi, Jumat, 24 Maret 2023. 

Ditambahkan, keberadaan Perusda sebagai lembaga bisnis memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah.

BACA JUGA:

"Perusda yang ada di daerah diharapkan memberikan pengaruh (multiplier effect) besar bagi perekonomian masyarakat, karena dapat beroperasional dengan efektif, efisien dan akuntabel, sehingga dapat menyediakan produk-produk pangan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi rakyat," tandasnya.

Dan yang tidak kalah penting, lanjutnya, pemantauan pasokan dan pelaporan dari distributor terkait dengan bahan pokok penting.

"Pemenuhan pasokan dari urban farming, karena itu urban farming ini juga menjadi kontribusi yang baik untuk pasokan bahan pangan," ujarnya.

Selain itu, kerja sama antar daerah untuk komoditas strategis harus terus dilakukan melalui kerjasama yang ditingkatkan antar daerah terkait pengendalian pasokan bahan pokok pangan.

BACA JUGA:

“Subsidi ongkos angkut dalam rangka penyediaan bapokting tentu menjadi perhatian dari pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota, demikian juga penguatan dan pemantauan kuota BBM di SPBU khususnya solar untuk angkutan umum,” ujarnya.

Selain itu, Sri Wahyuni juga melihat pentingnya pemantauan kelayakan angkutan barang untuk memperlancar distribusi di Provinsi Kaltim. ###