Tumbuhkan Ekosistem Kewirausahaan, DKUMKMP Luncurkan Fits Balikpapan
UMKM

Tumbuhkan Ekosistem Kewirausahaan, DKUMKMP Luncurkan Fits Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM – Untuk menumbuhkembangkan ekosistem kewirausahaan dalam mewujudkan wirausaha mapan dan inovatif yang berkelanjutan, Dinas Kop
UMKM
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Untuk menumbuhkembangkan ekosistem kewirausahaan dalam mewujudkan wirausaha mapan dan inovatif yang berkelanjutan, Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan diluncurkan. 

Pengenalan proyek perubahan gagasan Kepala DKUMKMP Balikpapan, Heruressandy Setia Kesuma tersebut mulai dikenalkan sejak Agustus 2023 lalu. Gagasan inovatif tersebut adalah Fits Balikpapan dari Idea to Startup mendapat dukungan Wali Kota Balikpapan pada Kamis, 21 September 2023. 

Kepala DKUMKMP Balikpapan, Heruressandy menjelaskan bahwa inovasi yang diluncurkan ini bagian pelatihan kepemimpinan angkatan 12 dari lembaga Administrasi Negara Pusat. 

“Inovasi ini pelatihan pengembangan UMKM program dalam rangka meningkatkan SDM pelaku UMKM di Balikpapan,” ungkapnya pada Sabtu, 23 September 2023. 

Di mana melalui pengembangan capacity building ini dari berbagai pelatihan dari dasar hingga peningkatan. 

“Pelatihan dirangkai dalam pembekalan lebih lengkap untuk pelaku UMKM. Dari pelaku usahan yang baru merintis hingga sudah berjalan,” ujarnya. 

BACA JUGA:

Pelaku umkm dapat mendaftarkannya, kemudian mengisi formulir dan tes dengan melihat kemampuannya.

“Sudah ada 250 pelaku UMKM yang mendaftarkan. Pengembangan capacity building ini kerja sama dengan pemerintah pusat, provinsi maupun Kota Balikpapan,” tambahnya. 

“Pelatihan dari manajemen keuangan terus juga yang kemudian pemasaran produk terus hingga pemasaran digital. Karena itu kemampuan UMKM di test terlebih dahulu sebelum pembekalan karena dilihat kebutuhannya apa,” tandasnya.  (*)