Sekda Kota Balikpapan Muhaimin saat membuka orientasi PPPK Pemkot Balikpapan, di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, pada Rabu (28/2/2024).
Daerah

Usai Dilantik, PPPK Kota Balikpapan Dibekali Orientasi ASN

  • Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memberikan orientasi kepada 825 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kota Balikpapan yang baru dilantik
Daerah
Admin

Admin

Author

BALIKPAPAN—Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memberikan orientasi kepada 825 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kota Balikpapan yang baru dilantik Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud beberapa bulan lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan Muhaimin mengharapkan PPPK setelah mengikuti orientasi ini menjadi lebih semangat dan bertanggung jawab dengan tugas dan kewajibannya sebagai PPPK. Orientasi ini digelar secara daring dan luring.

"PPPK punya rumah besar yang harus dijaga yaitu Pemerintah Kota Balikpapan, sehingga ada hal-hal yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilaksanakan dalam rangka menjaga marwah Pemerintah Kota Balikpapan," jelasnya saat membuka orientasi PPPK, di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, pada hari Rabu, 28 Februari 2024.

Dia juga berpesan sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) yang baru agar tidak berpikir menjadi pejabat secara instan, tentunya semua itu ada proses dan tahapan yang harus dilalui. 

"PPPK bisa melaksanakan tugas dengan maksimal. Jangan memilih tugas, pimpinan memberikan tugas karena memberikan kepercayaan kepada kita, sesuai dengan kemampuan kita," ujarnya.

Diharapkan ini menjadi semangat dan barometer agar bekerja lebih baik, sehingga PPPK sudah siap bekerja di lingkungan yang baru.  "Mereka sebelumnya dari pegawai honor di Pemkot Balikpapan yang sekarang meningkat statusnya menjadi PPPK," ungkapnya.

Dengan menjadi PPPK, tugas dan tanggung jawabnya menjadi berbeda, PPPK harus memiliki kompetensi yang lebih baik, integritas yang dimiliki harus lebih maksimal dan mampu menjadi tim work di jajaran Pemkot, sehingga orientasi dan tanggung jawabnya lebih maksimal lagi.

PPPK ini mendapatkan orientasi untuk memberikan semangat dan nilai-nilai terkait ASN dalam hal masalah integritas, masalah regulasi, masalah attitude dan sebagainya, dengan menghadirkan narasumber dari BKPSDM Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Inspektorat dan LAN. 

Orientasi yang diikuti tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis berlangsung selama satu hari dan selesai orientasi PPPK bekerja sesuai dengan penempatan yang sudah diberikan. "Mereka bisa lebih semangat lagi setelah ada kegiatan orientasi ini," harapnya.

Ke depannya, banyak tantangan yang harus dihadapi, yang mana saat ini perubahan lingkungan strategis terjadi cepat, dinamis, kompleks, tidak terduga dan penuh ketidakpastian. Sehingga, memerlukan pegawai yang adaptif, kreatif, kolaboratif, inovatif agar dapat menghasilkan birokrasi yang dinamis dan tangkas.Usai Dilantik, PPPK Kota Balikpapan Dibekali Orientasi Terkait ASN