Pelaksanaan pemberian vaksin moderna ke nakes
Kabar Ibu Kota

Vaksin Moderna Untuk Nakes

  • IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan mulai hari ini (17/8), memberikan Vaksin Moderna bagi tenaga kesehatan. Pemberian vaksin yang juga sebagai Booster
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan mulai hari ini (17/8), memberikan Vaksin Moderna bagi tenaga kesehatan. Pemberian vaksin yang juga sebagai Booster (tambahan) ini diberikan tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 76. 

Secara simbolis dimulai pimpinan intansi/institusi kesehatan dan Forkominda Kota Balikpapan. Salah satunya Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty dan Direktur Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo. Vaksin yang diberikan ini adalah vaksinasi ketiga untuk mereka.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan memperoleh kiriman vaksin moderna sebanyak 6.020 dosis yang akan diperuntukan bagi nakes Balikpapan.

"Tadi sudah disuntikkan bagi para pimpinan-pimpinan intitusi kesehatan, dengan harapan seluruh nakes dibawah jajaranya bisa mengikuti," ungkap dr. Andi Sri Juliarty.

Jumlah vaksin yang datang masih kurang, mengingat jumlah tenaga medis di Balikpapan berkisar 7.300. Menurutnya, kekurangannya akan datang pada minggu depan. 

“Setelah nakes memperoleh vaksin moderna. Akan dilanjutkan masyarakat umum,” ujarnya. 

Untuk diketahui, di Provinsi Kaltim ada sekitar 21.980 dosis vaksin Moderna untuk dipakai dua kali.

“Tidak seperti Sinovac, dosis satu bisa dihabiskan, ini harus digunakan dua dosis. Karena vaksin Moderna masih terbatas," jelasnya.

Dengan vaksinasi Moderna bagi nakes ini, diharapkan imunitas para pemberi pelayanan kesehatan ini bisa lebih kuat. Karena mengingat efikasi vaksin mencapai 95 persen. Dengan begitu pelayanan lebih maksimal.

Rencananya, pemkot juga akan melayani masyarakat umum pada pekan depan dengan vaksin Moderna. "Kalau vaksin moderna untuk masyarakat, ini suntikan satu. Jadi khusus bagi yang belum mendapatkan Sinovac," tutupnya.