Vaksinasi bagi para jurnalis di Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Vaksinasi Bagi Pelayanan Publik Mulai Dilaksanakan

  • Vaksinasi Bagi Pelayanan Publik Mulai Dilaksanakan

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan mulai hari ini (27/2), mulai melaksanakan vaksinasi pelayanan publik. Vaksinasi dilaksanakan di gedung BSCC Dome Balikpapan.  Sesuai petunjuk teknis yang diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan, Nomor HK.02.02/4/1/2021, para penerima vaksin harus melewati beberapa tahapan mulai dari registrasi dan proses screening untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh.

Jika dinyatakan lolos screening, penerima vaksin akan langsung divaksinasi Covid-19. Selanjutnya penerima vaksin diharuskan menunggu selama 30 menit untuk diobservasi guna mengantisipasi adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Wali Kota Balikpapan, Sekda Kota Balikpapan, Ketua Pengadilan Negeri, GM Angkasapura 1 Balikpapan, Anggota DPRD Balikpapan, Deputi BPJS kesehatan menjadi enam orang pertama yang disuntik vaksin secara massal di BSCC Dome.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan, tidak terlalu merasakan gejala waktu disuntik hanya sedikit tegang, tapi belum ada keluhan karena baru disuntik. “Tidak ada persiapan biasa saja sebelum disuntik,” ujar Rizal Effendi kepada awak media.

Rizal menambahkan, untuk vaksinasi covid-19 di BSCC Dome ini akan dilaksanakan sebanyak 500 orang yang dibagi ke dalam dua sesi, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. “Kita buat dua sesi, untuk teman teman media juga akan mengikuti vaksin siang ini,” ujarnya.

Sementara itu, untuk vaksinasi tahap kedua ini Wali Kota Balikpapan menargetkan akan selesai awal bulan Maret 2021. “Targetnya seminggu selesai, artinya ini lebih cepat dari yang kemarin-kemarin. Dan ini dilakukan di banyak tempat. Harapan saya ke depan Pemerintah Pusat memberikan vaksin lebih banyak lagi sehingga kita bisa mempercepat vaksinasi di Kota Balikpapan, Saya juga mohon doa kepada masyarakat supaya ini bisa berjalan dengan lancar dan inshaAllah tahap-tahap berikutnya nanti akan ke lansia dan terus akan merambah ke masyarakat,” tutupnya.