Ilustrasi pesawat Lion Air.
Tren

Viral Pesawat Delay, Netizen Bagikan Pembobolan Data Penerbangan

  • Warganet mengeluhkan seringnya penundaan penerbangan oleh maskapai grup Lion.
Tren
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

IBUKOTAKINI.COM - Seorang Youtuber sekaligus politisi Akbar Faisal menumpahkan kekesalannya terhadap penundaan penerbangan yang dialaminya. 

Melalui akun X, mantan anggota DPR RI itu sempat mengunggah keluhan kepada maskapai Batik Air tujuan Makassar.

“Kpd @BatikAirINA dan Lion Group, kalian ini perusahaan beneran? Sy beli tiket ke Makassar pkl 14.40 sore ini. Lalu kalian ubah ke pkl 15.30. Lalu diubah lg ke Pkl 19.00. Setahuku bahkan angkot pun gak separah itu. Menteri @BudiKaryaS, koq makin parah mrk ini? @RusdiKirana,” tulis Akbar, Jumat (28/6/2924). 

Unggahan ini sempat memancing diskusi dan pertanyaan sejumlah pengguna X. Mantan Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum, salah satunya. 

“Baru pertama ya bro?” tulis Anas.

“Uda sering Tum. Tp ternyata emang penyakit. Kita ajari mrk ini ttg sebuah pertanggungjawaban,” jawab Akbar. 

Warganet menimpali utama itu dengan menuliskan pengalaman mereka terbang dengan maskapai milik Rusdi Kirana itu. Bahkan seorang follower Akbar Faisal turut menyematkan berita lawas tentang pernyataan Rusdi yang mengakui maskapainya paling buruk, tapi masyarakat tak punya pilihan.

Wawancara yang dipublikasikan tahun 2015 oleh salah satu media nasional itu rupanya masih lekat dalam ingatan netizen. 

Akbar dalam utas berikutnya menuliskan sampai jam 9 malam pesawat belum juga berangkat. 

“Dan sampe pkl 21.00 ini belum terbang juga Pak @BudiKaryaS dan Pak @RusdiKirana. Sy akan terus menggonggongi Anda semua hingga kalian melakukan sesuatu dan bukan hanya karena kasus keterlambatan malam ini saja. @kemenhub151 @aguspambagyo,” tulisnya. 

Ia berharap Menteri Perhubungan Budi KaryaSumadi  segerakan melakukan audit kinerja Batik Air. “Dengarkan protes publik,” kata dia. 

Akbar menyebut pesawat yang ditumpanginya akhirnya terbang dan tiba di Makassar 24.00 WITA. 

“Molor 9 jam dr jadwl awal tiket yg pkl 14.40. Sy dpt respon. Mentri @BudiKaryaS minta maaf. Dirut Batik Capt Daniel salahkan cuaca. Ngawur. Cuaca baik2 sj. Batik anggap remeh konsumennya. @kemenhub151,” tambahnya. 

Pengguna X lainnya menduga kacaunya jadwal Batik Air ikut dipengaruhi pembobolan data. 

“Seorang anggota BreachForums telah memposting tentang pelanggaran data yang signifikan yang melibatkan Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Indonesia. Database yang bocor, berukuran lebih dari 3GB, mencakup data karyawan, kata sandi untuk semua pengguna aplikasi dan situs web, foto kartu identitas karyawan, peserta sertifikat pilot drone, dan data penerbangan yang terkait dengan pesawat,” tulis pemilik akun @Greta_hutab****.

Keaslian klaim ini belum diverifikasi.

Terkait penunaan jadal penerbangan yang dialami Akbar Faisal maupun penumpang lainnya, baik Batik Air maupun Kemenhub belum memberikan pernyataan. ***