Wacana Penambangan Landfill Jadi Salah Satu Alternatif Perpanjang Masa Pakai TPA Sampah Manggar
Kabar Ibu Kota

Wacana Penambangan Landfill Jadi Salah Satu Alternatif Perpanjang Masa Pakai TPA Sampah Manggar

  • IBUKOTAKINI.COM - Penambangan landfill menjadi salah satu wacana yang mencuat untuk memperpanjang masa pakai Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sam
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Penambangan landfill menjadi salah satu wacana yang mencuat untuk memperpanjang masa pakai Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Manggar. 

Diketahui, TPA Manggar diprediksikan akan penuh pada 2026 mendatang. Sehingga, Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan berusaha melakukan upaya alternatif, selain melakukan modernisasi pemrosesan sampah menggunakan teknologi.

Landfill mining dinilai menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan, mengingat sejumlah zona sanitary landfill yang penuh memang sudah berumur belasan tahun.

Meskipun penambahan lahan bisa dilakukan, tetapi hal ini dianggap tidak efektif. Selain mekanisme yang rumit, penambahan lahan ini dianggap tidak ada habisnya.

"Saya punya visi dengan luasan lahan yang ada, sampah yang ada di TPA itu juga bisa habis di situ," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sudirman Djayaleksana yang dikutip Senin, 5 Juni 2023.

"Dengan melakukan landfill mining, zona landfill yang sudah lama ini rencana mau kita tambang. Organiknya jadi kompos, anorganiknya kita proses untuk dihabiskan atau dimusnahkan," tambahnya lengkap.

BACA JUGA:

Wacana penambangan landfill ini tengah dalam pembahasan dan kajian oleh pihaknya. Tahun 2024 mendatang, kegiatan ini diharapkan sudah dapat dilakukan. 

Sudirman mengatakan, sanitary landfill zona 7 akan digunakan setelah zona 6 penuh. "Diprediksikan (zona 7) akan penuh dalam waktu dua tahun. Rencananya (landfill mining) di zona 1 dan 5," tandasnya.

Sebagai informasi, TPA Sampah Manggar diprediksikan akan penuh pada 2026 mendatang. Apalagi, dengan adanya pertambahan penduduk yang kian masif akibat proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Refinery Development Master Plan (RDMP) di sekitaran Kota Balikpapan.

Volume sampah yang bertambah secara signifikan ini bahkan telah mencapai 30 hingga 50 ton perharinya. Di mana tadinya hanya sekitar 380 sampai 420 ton, saat ini 400 hingga 450 ton. 

Peningkatan volume sampah yang masuk ke TPA Manggar ini terjadi selama kurun waktu satu tahun terakhir. Untuk mengantisipasi masa pakai TPA yang semakin singkat ini, DLH akan melakukan sejumlah terobosan dan langkah-langkah konkrit. ###