Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi
Kabar Ibu Kota

Wagub Berharap Jembatan Pulau Balang Segera Terselesaikan

  • Jembatan Pulau Balang Menyisakan Jalan Pendekat PPU dan Balikpapan

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pembangunan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara kini telah tersambung. Sehingga kini tinggal menyisakan penyelsaian jalan pendekat kedua sisi di PPU maupun Balikpapan.

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi sangat bersyukur sebab pembangunan bentang panjang Jembatan Pulau Balang menghubungkan Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah tersambung.

"Penyelesaian bentang panjang jembatan merupakan kemajuan yang sangat luar biasa. Kita patut bersyukur, dan seraya menunggu penyelesaian jalan pendekat di sisi PPU maupun Balikpapan," kata Hadi Mulyadi, belum lama ini.

Ketika disinggung target peresmian dan pengoperasian jembatan, tegas Hadi mengatakan lebih cepat lebih baik. Artinya, kalau jalan pendekatnya bisa diselesaikan secepatnya tentu cepat pula diresmikan.

"Kita tunggu saja, doakan semoga jalan pendekat kedua sisi cepat diselesaikan, sehingga peresmiannya bisa cepat pula," ujar Hadi Mulyadi.

Seperti diketahui Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan dua daerah Kaltim telah tersambung tepat Sabtu 31 Oktober 2020.

Hal ini menandai era baru infrastruktur konektivitas di Pulau Kalimantan yang diyakini akan memudahkan mobilitas, dan mendorong terciptanya pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Kesukseskan pembangunan jembatan yang digadang-gadang menjadi jembatan cable stayed dengan dek beton terpanjang di Indonesia ini, dibangun PT Hutama Karya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Bangun Tjipta Konstruksi, mengadopsi model cable stayed bridge.

Dimana, jembatan ini membutuhkan kabel prategang setinggi 29 meter untuk menahan beban jembatan. Jembatan didesain lebar jalan 22,4 meter mencakup 4 lajur. Terdapat dua tiang jembatan setinggi 116 meter untuk menahan kabel-kabel dan 144 bore pile atau tiang pancang sebagai penopang jembatan.

Selain itu, dilengkapi trotoar dan memiliki bentang utama sepanjang 804 meter, jembatan pendekat 167 meter dan jalan akses sepanjang 1.969 meter.