Pj Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani ikut melakukan pemeriksaan swab
Kabar Ibu Kota

Wagub Minta Semua Pekerja di Lingkungan Pemprov Kaltim Harus Swab

  • Wagub Minta Semua Pekerja di Lingkungan Pemprov Kaltim Harus Swab

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melakukan pemeriksaan swab kepada sejumlah karyawan dan karyawati di lingkungan Pemerintahan. Mengingat angka kasus terkonfirmasi positif hingga kini semakin mengalami peningkatan.

Hari kedua pemeriksaan swab di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim langsung dipantau Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi. "Saya minta semua karyawan dan karyawati yang bekerja di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi ikut pemeriksaan swab ini," tegas Hadi Mulyadi saat meninjau proses pemeriksaan swab kepada para pegawai Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (11/9/2020).

Mengapa seluruhnya harus mengikuti swab, Hadi menegaskan tujuannya agar deteksi bisa dilakukan secara menyeluruh. Sehingga tidak ada satupun pegawai dan pekerja di lingkungan Kantor Gubernur yang terlewat dari pemeriksaan ini.

Sebab lanjut Hadi, bila ada yang tertinggal dan ternyata yang bersangkutan positif, maka penyebaran Covid-19 masih akan terjadi tanpa disadari. "Kalau semua ikut swab, kan jelas nanti. Mana yang terpapar, mana yang tidak. Dengan begitu, bisa diambil penanganan selanjutnya. Dan pegawai akan bekerja lebih tenang, meski harus tetap dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar Hadi.

Dia sangat berharap semua hasil swab pegawai di lingkungan Kantor Gubernur ini negatif.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa, Rabu kemarin mengungkap bahwa laboratorium yang tersedia di mobil PCR (polymerase chain reaction) milik Pemprov Kaltim bisa menyelesaikan 300 sampel per hari. “Dan Seluruh hasil pemeriksaan sudah bisa diketahui pada malam harinya. Target peserta swab sebanyak 633 orang, termasuk petugas kebersihan atau cleaning service,” tambah dia.