Wakil Bupati Kukar Dukung Pembangunan Muara Badak dengan Beri Bantuan untuk Nelayan
Kabar Ibu Kota

Wakil Bupati Kukar Dukung Pembangunan Muara Badak dengan Beri Bantuan untuk Nelayan

  • IBUKOTAKINI.COM - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, dengan tekad kuat untuk mendorong pembangunan di wilayah Kecam
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, dengan tekad kuat untuk mendorong pembangunan di wilayah Kecamatan Muara Badak, baru-baru ini menyerahkan sejumlah bantuan yang sangat dibutuhkan kepada para nelayan setempat. 

Penyerahan bantuan dilangsungkan pada Minggu (22/10/2023) kemarin, oleh Wakil Bupati kepada para nelayan secara langsung. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pesisir di daerah tersebut.

Bantuan tersebut merupakan inisiatif Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar dan mencakup 13 perahu fiber untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kapitan Muda, serta 2 juta bibit udang windu untuk kelompok Pembudidaya Inti Karya Bersama dan Tanjung Bersinar.

Rendi Solihin menjelaskan bahwa bantuan ini, adalah bagian dari program Dedikasi Kukar Idaman yang bertujuan untuk mendukung 25 ribu nelayan produktif. Program ini akan terus berlanjut hingga tahun 2024 dengan berbagai bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat.

BACA JUGA:

"Program ini akan kita lanjutkan hingga 2024 nanti, masih banyak bantuan yang akan kita berikan dan sekarang masih dipetakan kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Ini merupakan pelaksanaan RPJMD Kukar Idaman," ungkap Wakil Bupati Rendi Solihin, beberapa hari lalu.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kukar sedang mengambil langkah-langkah untuk mendukung hilirisasi pembudidaya rumput laut, dengan pembangunan pabrik rumput laut di Muara Badak. Pabrik ini, akan menjadi pemasok bagi pabrik tepung rumput laut di masa mendatang dan diharapkan akan meningkatkan perekonomian pembudidaya rumput laut setempat.

"Dengan pabrik sendiri nelayan rumput laut kita bisa mandiri," tuturnya.

Disisi lain, Camat Muara Badak Arpan, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kukar, atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan, serta menekankan bahwa semua upaya ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia.

"Ini tak lain untuk mewujudkan masyarakat-masyarakat sejahtera dan bahagia. Bantuan ini akan dimanfaatkan dengan baik sebagaimana harapan Pemkab Kukar,” pungkas Camat Muara Badak. (Adv)