Wali Kota Balikpapan: ALKI II Akan Jadi Magnet Bagi IKN
Bisnis

Wali Kota Balikpapan: ALKI II Akan Jadi Magnet Bagi IKN

  • IBUKOTAKINI.COM – Sejumlah perwakilan pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota yang tergabung dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)
Bisnis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Sejumlah perwakilan pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota yang tergabung dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II mengikuti ALKI II Zone Investment Forum 2023 pada Rabu 25 Oktober 2023. 

Kegiatan yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik dan Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud ini berjalan lancar hingga seminar. 

Dalam pembukaan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menjelaskan, bahwa ALKI II akan menjadi magnet bagi Ibu Kota Nusantara (IKN) dan daerah yang tergabung di ALKI II.  Karena IKN berada di Selat Makassar. Sehingga dengan lokasi yang strategis ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi perekonomian dan menarik investasi demi kemakmuran bangsa.

“Untuk meningkatkannya diperlukan kolaborasi antar daerah ALKI II untuk tumbuh bersama memanfaatkan potensi yang dimiliki daerah masing masing terutama dalam momentum pembangunan IKN di wilayah ALKI II,” ucap beliau di depan perwakilan sejumlah daerah.

ALKI II mendukung IKN akan menjadi koridor bisnis yang menarik bagi perkembangan perekonomian dan kegiatan investasi.

“Jalur ALKI II memiliki potensi luar biasa sebelum ditempatkannya IKN, ada tidak adanya IKN bahwa Kaltim akan terus berbenah dan tumbuh menjadi salah satu provinsi yang maju,” tandasnya. 

BACA JUGA:

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengharapkan ada kolaborasi di area bufferzone IKN. Karena IKN tidak akan bisa jadi daerah yang hidup sendiri, jika tidak didukung daerah lainnya. 

“Contoh material Pembangunan untuk IKN diambil dari Sulawesi, sehingga tingginya kebutuhan ini menjadi rebutan di daerah daerah, sehingg peran selat Makassar sangat penting,” imbuhnya.

Untuk itu, dibutuhkan kerja sama antar daerah, dan mendukung kebijakan nasional dan semua stakeholder harus bekerja dengan fungsinya, termasuk dalam konteks singkat. 

Dalam pembukaan ALKI II Zone Investment Forum 2023 Konsul Jenderal Australia Todd Dias, Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Sabaruddin dan sejumlah perwakilan dari 11 Provinsi yang tergabung dalam ALKI II. (*)