Ilustrasi PNS
Kabar Ibu Kota

Wali Kota Balikpapan Ambil Sumpah Janji 243 PNS

  • IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 243 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah kota Balikpapan diambil sumpah janji di Halaman kantor Wali Kota Balikpapan,
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 243 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah kota Balikpapan diambil sumpah janji di Halaman kantor Wali Kota Balikpapan, Senin pagi (11/4/2022). Pengambilan sumpah dilakukan langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang disaksikan sejumlah pejabat Pemerintah Kota Balikpapan. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BPKSDM Balikpapan Sri Wahyuningsih mengatakan PNS yang diambil sumpah ini merupakan PNS yang belum diambil sumpah janji. 

“PNS yang diambil sumpah ini sudah bertugas hampir di seluruh Organisasi Perangkat Daerah. Rata-rata golongan 1 sampai 3 dan mereka rata-rata berdasarkan perekrutan CPNS,” sebut perempuan yang disapa Yuyun usai menyaksikan pengambilan sumpah PNS.

Sementara CPNS yang baru diterima tahun 2021 lalu belum diambil sumpah. Mengingat proses pendataan dan verifikasi oleh Pemerintah Pusat tengah dilakukan.

“Untuk CPNS tahun 2021 belum, karena masih menunggu dari kementerian,” tandasnya. Adapun PNS di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan saat ini sebanyak 6000 an PNS. 

Wali Kota Rahmad Mas’ud menyampaikan selamat kepada PNS yang diambil sumpah janji. Dan harapannya kegiatan ini tidak hanya seremonial tetapi dimaknai dengan kesungguhan untuk bekerja sepenuh hati, disiplin, professional sebagai pengabdi negara di mana pun akan ditugaskan. 

“Saya berharap saudara menyadari dan mensyukuri kesempatan menjadi PNS karena banyak sekali orang berkeinginan menjadi PNS. Oleh karena itu wujudkanlah rasa syukur saudara dengan bersemangat dan kerja optimal serta berupaya untuk selalu membawa nama baik dan selalu membawa pemerintah kota melalui sikap dan perilaku yang selalu membawa sorotan masyarakat,” pesan beliau kepada PNS yang diambil sumpah. 

Di samping itu, SDM ini merupakan aset masa depan bagi pemerintah kota Balikpapan dan sekaligus sebagai motor penggerak pembangunan kota Balikpapan di mana kot Balikpapan merupakan kota yang sangat strategis yaitu sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara. 

Wali Kota juga menekankan para PNS dapat memahami dan mematuhi berbagai peraturan terkait kepegawaian untuk patuh hukum. 

“Dan tak kalah penting senantiasa meningkatkan kapasitas SDM sehingga dapat bekerja dalam iklim kerja berkolaboratif dan kompetitif di era industry 4.0,” tandasnya.