Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Setda Kota Balikpapan, Adamin Siregar saat menerima penghargaan dari Nyalanesia, pada Puncak Festival Literasi Balikpapan 3, di Gedung Kesenian Balikpapan, pada hari Kamis, 18 April 2024.
Balikpapan

Wali Kota Balikpapan Dianugerahi Tokoh Penggerak Literasi Nasional

  • Kolaborasi Nyalanesia dan Disdikbud Balikpapan dalam menginisiasi Festival Literasi Balikpapan selama tiga tahun berturut-turut telah membuahkan hasil yang luar biasa.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Atas dedikasinya dalam mengantarkan Balikpapan menjadi Kota Aktif Literasi dan menginspirasi kota-kota lain di Indonesia untuk memajukan literasi. Nyalanesia menganugerahkan Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas'ud, sebagai Tokoh Penggerak Literasi Nasional. 

Penganugerahan ini diberikan pada Puncak Festival Literasi Balikpapan 3 yang diadakan di Gedung Kesenian Balikpapan pada hari Kamis, 18 April 2024.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Irfan Taufik. Kolaborasi Nyalanesia dan Disdikbud Balikpapan dalam menginisiasi Festival Literasi Balikpapan selama tiga tahun berturut-turut telah membuahkan hasil yang luar biasa. Festival ini telah melahirkan 40.372 penulis dengan total 581 karya buku, yang memecahkan rekor MURI.

Direktur Nyalanesia, Wanda Leonardo, mengungkapkan bahwa pencapaian ini merupakan bukti nyata komitmen dan keseriusan semua pihak dalam memajukan literasi dan pendidikan di Kota Balikpapan. 

BACA JUGA:

"Ini adalah awal yang baik dan akan terus berlanjut," ujar Leonardo. Ia pun menyampaikan rasa bahagia dan bangganya atas kerja sama yang terjalin selama tiga tahun ini.

Mewakili Wali Kota Balikpapan, Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Adamin Siregar, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penghargaan yang diberikan. Beliau menekankan bahwa penghargaan ini merupakan amanah dan tanggung jawab besar untuk terus meningkatkan minat baca di Kota Balikpapan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Nyalanesia atas inovasi dan upayanya dalam menumbuhkan minat baca masyarakat, khususnya di Kota Balikpapan.

Penghargaan ini menjadi pengakuan atas kegigihan dan kerja keras Pemkot Balikpapan dalam menjadikan literasi sebagai bagian penting dari kehidupan masyarakat. Diharapkan dengan semangat yang sama, Balikpapan dapat terus maju dan menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam memajukan literasi dan mencerdaskan bangsa. ***