Kabar Ibu Kota

Wali Kota Balikpapan Imbau Masyarakat Bijak Berbelanja

  • IBUKOTAKINI.COM—Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengimbau masyarakat untuk bijak berbelanja dan tidak membeli bahan pokok secara berlebihan. Imbauan ini disa
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM—Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengimbau masyarakat untuk bijak berbelanja dan tidak membeli bahan pokok secara berlebihan. Imbauan ini disampaikan dalam penandatanganan Seruan Bersama Bijak Belanja antara Pemerintah Kota Balikpapan bersama Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan.

Wali Kota Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa pembelian bahan pokok secara berlebihan dapat memicu kelangkaan yang kemudian berdampak pada kenaikan harga, sehingga dapat memicu terjadinya inflasi.

“Saya berharap masyarakat membeli kebutuhan pokok secara wajar dan secukupnya untuk menghindari panic buying selama Ramadan dan menjelang Idulfitri,” katanya, Jumat (1/4/2022).

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan R. Bambang Setyo Pambudi mengatakan bahwa dua tahun terakhir merupakan tahun penuh tantangan karena aktivitas yang dilakukan secara terbatas. 

“Melihat tren ekonomi saat ini secara perlahan mengalami perbaikan, seiring meningkatnya daya beli masyarakat,” ucapnya. 

Saat ini Tim Pengendali Inflasi Daerah terus melakukan pemantauan  pemantauan dalam pengendalian inflasi. Salah satu yang dilakukan dengan sosialisasi bijak berbelanja, dan umat peduli inflasi. TPID juga akan terus memantau pergerakan harga khususnya bahan pangan strategis.  

“Kami mengharapkan ulama dan ustadz untuk memberikan himbauan untuk berbelanja bijak tidak berlebihan. Dan tidak panic buying. Membeli kebutuhan sesuai dengan pendapatan, tidak menimbun,” pintanya. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Kementerian Agama Balikpapan Johan Marpaung mewakili Kementerian Agama Kota Balikpapan menyampaikan permohonan maaf dalam menyambut bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. 

“Keluarga besar Kementerian Agama menyampaikan maaf lahir batin. Dan bagi yang sakit tak berpuasa dapat segera di pulihkan. Kita juga berharap bulan suci Ramadan dalam keadaan sehat walafiat,” pungkasnya.

Penandatanganan seruan bersama tersebut dilakukan oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE, ME, Kepala Kementerian Agama Balikpapan Johan Marpaung, Ketua MUI Habib Mahdar Abu Bakar Al Qadri MA, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan R. Bambang Setyo Pambudi di Balikpapan Islamic Center yang dirangkai dalam kegiatan Umat Peduli Inflasi sekaligus Silaturahmi Dzikir dan Doa Sambut Bulan Suci Ramadan, Jumat siang, 1 April 2022.