Wali Kota Balikpapan Jenguk Petugas KPPS di Rumah Sakit
Daerah

Wali Kota Balikpapan Jenguk Petugas KPPS di Rumah Sakit

  • BALIKPAPAN – Menindaklanjuti adanya laporan beberapa petugas kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dirawat pada Rumah Sakit
Daerah
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Menindaklanjuti adanya laporan beberapa petugas kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dirawat pada Rumah Sakit di Balikpapan. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menjenguk petugas KPPS yang dirawat akibat kelelahan, setelah menjalankan tugas pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Diketahui, adaa 31 petugas KPPS dari beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Balikpapan mengalami sakit di lokasi TPS dan di rumah. 

Akan tetapi, petugas yang dirujuk ke rumah sakit sebanyak sembilan petugas. Namun, dua petugas dirawat inap di rumah sakit dan tujuh petugas diperbolehkan pulang setelah dilakukan observasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Wali Kota Balikpapan mengatakan petugas KPPS mengalami kelelahan dalam menjalankan tugas, saat pelaksanaan pemilu. 

"Kita harus cepat, sigap untuk memberikan pelayanan kepada mereka yang mengalami kelelahan. Jangan sampai terlambat dalam penanganan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya disela-sela tinjauannya pada Kamis 15 Februari 2024.

Saat melakukan kunjungan, Wali Kota berkomunikasi dengan petugas yang sedang di rawat di rumah sakit, menanyakan sakit yang dialami pasien hingga kondisi pasien saat ini sudah membaik atau sebaliknya. Termasuk, memastikan petugas yang dirawat telah memiliki BPJS Kesehatan, sehingga seluruh biaya perawatan ditanggung BPJS Kesehatan dari program Pemerintah Kota Balikpapan.

BACA JUGA:

Wali Kota memberikan buah-buahan dan makanan kepada para petugas yang dirawat dan mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan. "Sehat ya," ucapnya.

Wali Kota bersama Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan Zulkipli, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty; Kepala Bakesbangpol, Sutadi; Kepala BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali; Kepala Bagian Bidang Pemerintahan Setda Balikpapan, Ruddy Siswanto pertama kali menjenguk ke Rumah Sakit Umum Daerah Beriman yang dilakukan observasi di IGD.

Selanjutnya, menjenguk petugas KPPS dari Kelurahan Sepinggan Baru yang dirawat di Rumah Sakit Balikpapan Baru dan terakhir menjenguk petugas dari KPSS Kelurahan Gunung Samarinda Baru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty mengatakan saat pelaksanaan pemilu, tim medis sudah melakukan monitoring dan evaluasi serta melakukan pendampingan langsung ke TPS. 

"Ditemukan sakit, kita langsung mengobati sebanyak 31 orang, kemudian ada petugas yang sakitnya perlu di rujuk. Jadi tidak cukup hanya diobati di TPS, sejumlah sembilan orang," terangnya.

Dua petugas dirawat di rumah sakit yakni satu petugas dirawat di Rumah Sakit Balikpapan Baru, dikarenakan muntah yang cukup berat dan petugas dirawat di Rumah Sakit Dr Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan, karena diabetes atau kadar gula naik. (*)