Ilustrasi Paskibraka berlatih.
Kabar Ibu Kota

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud Kukuhkan Paskibraka, Selasa, 15 Agustus 2023

  • IBUKOTAKINI.COM - Anggota pasukan pengibar bendera merah putih, Paskibraka Kota Balikpapan tahun 2023 berjumlah 39 orang yang berasal dari sekolah menengah atas. 
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dijadwalkan mengukuhkan pasukan pengibar bendera merah putih (Paskibraka) Kota Balikpapan pada Selasa, 15 Agustus 2023, besok. 

Paskibraka Kota Balikpapan akan bertugas dalam upcara peringatan Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka, Kamis, 17 Agustus 2023.

Paksibraka akan bertugas pada upacara penaikan bendera pada pagi harinya. Sekaligus juga bertugas pada upacara penurunan bendera pada sore harinya. 

Upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera merah putih, Paskibraka Kota Balikpapan, akan berlangsung di halaman Balaikota, Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan. 

Upacara pengukuhan akan dihadiri Forkopimda Balikpapan, para pejabat Pemkot Balikpapan, serta para orangtua Paskibraka. 

BACA JUGA:

Anggota pasukan pengibar bendera merah putih, Paskibraka Kota Balikpapan tahun 2023 berjumlah 39 orang yang berasal dari sekolah menengah atas.  Mereka telah menyelesaikan seleksi dengan berbagai proses dan tahapan. 

Beberapa kriteria dalam pemilihan Paskibraka antara lain memiliki kemampuan berupa ketahanan fisik yang prima, postur tubuh yang sesuai, mental yang baik, serta disiplin tinggi.

Sebelum dikukuhkan   menjadi anggota Paskibraka, para peserta menjalani serangkaian pendidikan dan latihan, yang bertujuan  untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental.  

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Ratih Kusuma menjelaskan Diklat Calon Paskibraka Kota Balikpapan diselenggarakan mulai dari tanggal 15 Mei 2023 sampai dengan 14 Agustus 2023 di Lapangan Tenis Indoor Balikpapan.

“Jumlah peserta 39 calon paskibraka Kota Balikpapan dan 4 calon paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang terdiri dari 21 putra dan 22 putri,” ujarnya.

Balikpapan mengirimkan satu wakilnya ke Paskibraka tingkat naisonal yang akan bertugas di Istana Negara. ***