Wali Kota Balikpapan Raih Peringkat Pertama Kepala Daerah Berjasa Bidang Pendidikan
Kabar Ibu Kota

Wali Kota Balikpapan Raih Peringkat Pertama Kepala Daerah Berjasa Bidang Pendidikan

  • Kaltim Educations Awards 2024 yang diprakarsai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), bekerja sama dengan Kabupaten Kota di Provinsi Kaltim, juga memberikan penghargaan anak-anak didik tingkat SD, SMP dan SMA serta para guru dan pengawas sekolah dalam beberapa kategori.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud berhasil meraih peringkat pertama sebagai Kepala Daerah Berjasa di bidang Pendidikan dalam Kaltim Educations Awards 2024.  Wali Kota Balikpapan berhasil menggeser Bupati Berau, Sri Juniarsih dan Wali Kota Samarinda, Andi Harun diposisi ketiga.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik di Hotel Swissbell, pada Senin, 23 September 2024. Didampingi Asisten II Setda Provinsi Kaltim dan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Irhamsyah.

Kaltim Educations Awards 2024 yang diprakarsai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), bekerja sama dengan Kabupaten Kota di Provinsi Kaltim, juga memberikan penghargaan anak-anak didik tingkat SD, SMP dan SMA serta para guru dan pengawas sekolah dalam beberapa kategori. Serta, Lembaga atau perusahaan yang berkontribusi terhadap pendidikan di wilayahnya.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik berpesan supaya Kaltim Educations Awards 2024 diperluas, sehingga tidak hanya sebatas memberikan penghargaan terhadap nilai-nilai saja.

"Yang lebih penting adalah bagaimana bisa merubah karakter ke depan. Artinya bagi saya pendidikan itu, adalah merubah karakter. Memang salah satu indikatornya adalah nilai dan prestasi, tapi lebih penting adalah merubah cara pandang kita terhadap Kaltim," ujarnya saat memberikan sambutan Kaltim Educations Awards 2024.

BACA JUGA:

Lanjut Akmal berharap pendidikan itu bisa menjadi solusi terhadap persoalan-persoalan Kaltim, seperti halnya persoalan lahan kritis, persoalan tenaga kerjaan dan lainnya. 

"Ini adalah momentum musabah bagi kita, untuk kedepan menjadi lebih baik lagi," ucapnya.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengatakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kaltim sebagai bentuk komitmen bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan. 

"Saya tidak usah ungkap dengan kata-kata, tapi saya ungkap dengan kerja nyata, bahwa komitmen kita dalam memajukan pendidikan di Kota Balikpapan," ucapnya saat ditemui usai menghadiri Kaltim Educations Awards 2024, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Irfan Taufik.

Rahmad mengungkapkan Balikpapan memiliki sekolah adiwiyata, sekolah yang peduli terhadap lingkungan. Hal ini menjadi bukti bahwa warga Balikpapan cinta terhadap lingkungannya dan menjadi salah satu indikator dalam meraih beberapa penghargaan. 

"Ini bisa kita edukasikan kepada anak-anak," jelasnya.

Berdasarkan pesan dari Pj Gubenur Kaltim saat memberikan sambutan pada Kaltim Educations Awards 2024, bahwa belajar mengajar itu bukan menjadi yang utama tetapi anak-anak harus belajar secara universal. 

"Jadi belajar itu secara keseluruhan, baik dari segi ekonomi, menjaga lingkungan, menjaga atitude kita sebagai bentuk pendidikan yang harus kita terapkan. Saya yakin kalau ini sudah berjalan dengan baik dan semua warga dan stakeholder berkomitmen dengan hal itu, maka bisa dimulailah dari anak-anak," terang Rahmad.

Menurutnya, orang pintar kalau tidak dibarengi dengan pendidikan attitude dan spiritual, maka belum tentu anaknya pintar dan benar hidupnya. 

"Kalau attitude, nilai-nilai spiritual, akhlak ditanamkan kepada anak kita maka anak-anak dapat tumbuh menjadi anak yang pintar dan beradab," ungkapnya.

Sebagai upaya untuk mempertahankan prestasi yang diraih Kota Balikpapan, maka inovasi-inovasi terus ditingkatkan. Yang paling penting edukasi yang disampaikan kepada anak-anak , orang tua dan kepada seluruh warga. Itu menjadi pondasi untuk bisa mempertahankan. ***